Situ Cileunca dan Cerita Mistis

SITU Cileunca menjanjikan panorama alam nan indah. Tak heran, dulu, orang-orang sempat menjuluki tempat tersebut sebagai Swiss-nya Indonesia. Namun, di balik keindahannya, kawasan ini menyimpan cerita-cerita mistis, yang oleh sebagian warga sekitar masih dipercayai.

PESONA keindahan Situ Cileunca di Kp.
Cibuluh Desa Pulosari Kec. Pangalengan Kab. Bandung.* HAZMIRULLAH/”PR”

SITU Cileunca berada 45 km sebelah selatan Kota Bandung, tak jauh dari Kota Kecamatan Pangalengan. Genangan air seluas 180 hektare itu diapit dua desa, yakni Warnasari dan Pulosari. ”Sebenarnya, Situ Cileunca itu ada dua buah. Cileunca Satu memiliki luas 210 hektare dan ini, Situ Cileunca Dua, memiliki luas 180 hektare,” ungkap Asep Jabog (50), salah seorang tokoh masyarakat setempat, kepada ”PR”, belum lama ini.

Ia berkisah, dulu, Situ Cileunca merupakan kawasan milik pribadi seorang Belanda. ”Namanya Kuhlan,” katanya.

Pembangunan situ tersebut dilaksanakan selama 7 tahun (1919-1926) dengan cara membendung aliran kali Cileunca. ”Uniknya, berdasarkan penuturan orang-orang tua dulu, situ ini dibangun oleh banyak orang. Tak menggunakan cangkul, tapi menggunakan halu,”ujarnya.

Pembangunan situ tersebut, tuturnya, dikomandani dua orang pintar, yakni Juragan Arya dan Mahesti. Maka, tak heran, makam Mahesti dijadikan tempat keramat oleh masyarakat setempat. ”Soal yang suka berkunjung, tak cuma orang sini, tapi banyak juga orang dari luaran,” kata Ade Rowi (35), salah seorang tukang perahu di sana.

Ada banyak kisah mistis di Situ Cileunca. Satu yang sering didengar orang adalah ”pertunjukan wayang”. Asep Jabog membenarkan hal tersebut. ”Tapi, sekarang, sudah jarang terdengar. Da kalakumaha oge, sanget mah kumaha sungut, ceuk basa Sundana mah. Dulu, berdasarkan cerita, ada sekelompok penabuh wayang (dalang berikut para sinden dan nayaga,- red.) yang tenggelam di Situ Cileunca. Sejak itu, masyarakat sering mendengar raramean. Padahal, tidak ada apa-apa,” kata Asep.

Asep juga mengatakan, sebenarnya, ada dua siluman yang terkenal di Situ Cileunca. Lulun Samak dan Dongkol. Lulun Samak adalah “sesuatu” yang mematikan dengan cara menggulung mangsa. Sementara, Dongkol adalah “sesuatu” yang berwujud kepala kerbau.

”Tapi, sekarang, keduanya sudah tidak ada lagi di sini. Dengar-dengar mah, ada di Situ Bagendit. Soalnya, Situ Cileunca ini ’berhubungan’ dengan dua situ lainnya, yakni Bagendit dan Patengan. Coba saja lihat, kalau Cileunca surut, yang lainnya juga surut,” ujar Asep Jabog.

Hingga kini, kisah mistis di Situ Cileunca tetap saja berlangsung. Tentu, dalam taraf yang tidak membahayakan. ”Ya, jangan terkejut ketika berkemah di sini ada yang tiba-tiba nimbrung,” ujar Asep.

Satu hal yang dia khawatirkan adalah situasi objek wisata yang memanas. Dalam penilaiannya, penempatan kompleks peristirahatan di Situ Cileunca tidaklah tepat. “Jigana, baheula, keur nyieunna teu make bismillah-bismillah acan. Jadi, menta tumbal. Saya khawatir, tumbal yang diminta itu terjadi dalam waktu dekat ini. Soalnya, situasi di tempat tersebut, akhir-akhir ini, memanas,” ujar Asep Jabog.

“Ayam kampung”

Di siang hari, apalagi ketika langit cerah, Situ Cileunca benar-benar memanjakan pengunjung dengan keindahan alamnya. Dari atas perahu yang melaju perlahan di riak tenang air danau, pengunjung dapat memutar pandangan, menatap hamparan hijau kebun teh. Nun jauh di sana, tiga gunung berdiri dengan jemawa. Gunung Malabar, Wayang, dan Gunung Windu.

“Malam hari, di sini juga ramai. Banyak ayamnya. Bukan ayam biasa. Ditanggung nikmat,” Ade Rowi berucap. Tak berseloroh dia. Meski tak tahu persis berapa jumlah “ayam” yang ada, Ade mengaku bisa mempertemukan pelanggan. Tinggal mengontak koordinator. “Soal tempat, kebanyakan orang menggunakan fasilitas saung di kampung seberang danau. Sewanya, Rp 150.000,00 semalam,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, “ayam-ayam kampung” yang ada di sana tak berlaku agresif. Dalam kesehariannya, mereka beraktivitas sebagaimana biasa. Malam pun, mereka tak kelayapan, agresif mencari pelanggan. “Nah, kalau ada yang pesan, barulah mereka keluar rumah. Kalau enggak, ya tinggal saja di rumah,” tuturnya.

Kebanyakan, katanya, “ayam-ayam kampung” merupakan produk perceraian di usia yang masih belia. ”Soal tarif, ya paling-paling Rp 50.000,00 sampai Rp 150.-000,00,” kata Ade Rowi. (Hazmirullah/”PR”)***

Sumber : Harian Pikiran Rakyat, Selasa, 25 April 2006

49 responses to “Situ Cileunca dan Cerita Mistis

  1. Kang, kantos ngadangu legenda mbah Suta di situ cileunca?
    Kang ayena mah situ Cileunca naek kelas, janteng kaulinan nu barenghar, mararaen rafting.

  2. Ha..ha… kantos pisan, legenda nu paling terkenal di cileunca…
    Hoyong abdi ge rafting di lembur nyalira :)

  3. ihh, jadi sieun ka dinya abdimah >,<

  4. Agus Taufiq Hidayat

    tiasa pesen “ayam kampung”na nu di belem… :)

  5. ka masyarkat sekitar nu caket situ cileunca,teu kengeng pepelakan di sisi situ..bilih aya nu nyacag…hatur nuhun..

  6. aduhh meni raraos pisan nya anu tinggal di ci buluuuhhhhh …. jadi ingat dulu masihhh bujangan punya kawan di ci buluhhh nama nyaorang nya oces

  7. meni asa wararaas inget kalembur kuraing.anu teu jauh sareng situ cilenca anu namina ci saninten/.kumaha ayena masih keneh tiris hente kitu………………?

  8. kurang menyenangkan ceritanya and humor nya

  9. Wah…boleh nih “ayam kampunya” bisa di opor..
    bolak balik + kuah.

  10. weleh..weleh…. cileunca teh aya mistik na oge nnyak….
    jd sararieun kieu

  11. tong baragajul mang asep jabog da henteu kitu caritanya, memang aya benerna yen aya lulun samak jeung dongkolmah tapi ari aya ayam-ayam kampungmah ngan ukur carita bohong paling oge dibawa tikota bandung.

  12. alah sih akang mah, aya sasakala, aya jurig, tungtungnamah aya hayam 50 rebu raosan geura heh he he….

  13. saya hendika klas 3 SD mau komentar situ cileunca

    enak banget aq mau kesna lagi

  14. wah yanx bner tuh kanx…..
    gua jdi tkut maen kstu agi….

  15. Tempat pa sih situ cileunca, dan kejadian pa sih yg da di situ cileunca

  16. terima kasih atas infonya.. kala ada info lain soal bisnis yang lain .. bisa saling kenal di email dan fb saya encepgorbacev@yahoo.com

  17. anjilll jadi hayang mantog ka lemburrr

  18. hahahaahahahahhahah ieu pangalengan kampung saya hahahah sukses selalu ya jahaha ,,,,

  19. cerita itu bgaikan angin berlalu krena tda bnyak yng tau jdi kmbali kpda dri msing2 mau prcya or tda

    tpi bgi aku crita itu bnar ada nya

  20. enya oge tos lami jarang uih ka lembur sorangan”cinangsi” tetep we hate mah hayang cicing diditu,,,
    da moal aya nu nyamian kaendahan situ cileuncana,,,

  21. asa t gableg pipikiran maeuny nu ngelola turun temurun araraneh teing jeng et desa nu jadi kadesna te baraleg, komo kades pulosari mah ngan ngacapruk te puguhhh ….hugh

  22. Desita Hanafiah

    Saya selalu suka blog ini berikut tulisannya tentang Pangalengan,
    maka dari itu saya sematkan award untuk blog Omdien yah, cekidot:
    http://www.wp.me/pxuWj-5e

  23. bhasa na aya naon !! Cq brcnda atuh cmua na.

  24. sobandi 081310816448 call me

    anjiirrr…mani hebat euy….
    aing pisan etamah….

  25. aduh cilenca teh sok pke n teu prguh…..kdu inget sjrah situ cileunca bahela kdu nyaah k alam teh….

  26. Tempat pacaran saya sama si geulis ini mah kalo saya ke Bandung :p

  27. apakah bnar jka akan ada orang yg tenggelam ikan ikan selalu merempet ke darat seperti memberi tahu akan adanya yg tenggelam dan jika ikan itu di tangkap ikan pun seperti d pancing dan tidak memberotak

  28. apakah bnar jika ada orang yg akan tenggellam ikan2 slalu merepet ke darat seperti menberi tahu sesuatu

  29. dan kta orang2 sekitr jika orang garut pergi ke situ tidak bleh naik prahu

  30. Kuhlan : Willem Hermanus Hooghland..Gubernur Javaasche Bank dan pemilik NV. Almanaak……*cmiiw*

  31. Denny N Soehardjadinata

    Ku sararegep pisan ngomentaran Pangalengan….., prak boh nudigawe boh nukeur sarakola, sing jalujur sing jarunun geuning teu eleh2 teuing urang Pangalengan teh ku urang2 sejenna, pek sing baroga ajen diri malar walagri, sing boga panguji rasa malar walatra. Sing aya nujadi pamingpin nagri sing aya nujadi pangawasa daerah malar leuwih toweksa kabali geusan ngajadi. Emang baheula sakola di Sakola Ra’yat Cibeureum, Cinyiruan ayeuna mah asup wewengkon perkebunan Kertamanah. Malah lanceuk2 emang sarua kaluaran SR Cibeureum. Lanceuk nu ka 2 geus tilar dunya……., sageus ngalalana di Stanvac Indonesia,Mobil Oil,Bechtel,Schultz,Fluor of Arabia terakhir di Freeport (Cost Engineer) eta teh wedalan SR Cibeureum (nu geus euweuh dikieuna), najan carierna teu sabaraha tapi aya catetanana lumayan keur nyumangetan adi2 jeung dulur2 sangakan leuwih leber ku wawanen sajeroning ngojayan kahirupan. Nu penting mah lain timana urang mimiti, tapi kamana urang kudu nyungsi…..!!

  32. aya nu kantos naek sapedah ti bandung ka cileunca? kinteun2 sbaraha jamnya ?

  33. seueur hayam kampung ??????asa nmbe ngadangu abdi mah…

  34. Hidup asep jabog. Hidupp.hidup.hidup .ay…….

  35. Eh …. Pa asep teh sanes pawang hileud berem nya ?????…
    Ngomong ,ngomong … Ade rowi .sareng pa asep j.gduh almt fb teu. Urang telusuri jabog na.. Gkgkgk .hrey pa asep ah

  36. Hidup ade rowi…. Hidup,hidup,hidup ade dan asep j…..

  37. Eh …… Pa asep gning . Aii a tomi tos tiasa nyarios cn ayeuna ????

    Lz

  38. jangan memberitakan situ cileunca yg gk2 dehh … :@
    terus disana ada “AYAM KAMPUNG” jga bkan asli orng sana mungkin ,, bisa aja itu pndatangnya sendiri ,

    disana tuh tempat wisata yg enak gk yg kaya di beritakan bahwa cileunca itu MISTIS

  39. hidup asep jabog .hdup ……… Smoga bulu jenggot pa asep lebih cepat tmbuhnya :-D.

    Amiiiiiin

  40. mudah2han situ cileunca jadi yg terbaik

  41. mnurut sy situ cileunca skrg kurang terurus..pemkot stmpat jgn hnya tu2p mata dong krna itu aset yg sangat bgus jika d kelola dgn baik..

    • adu bangga ey situ cilenca asup internet salam yeh ti urang ciawitali pangalengan

      betul pemerintahnya kurang respon tapi kalau dikelola dengan baik situ cilenca pasti akan lebih berkembang

  42. Euleuh eta cileunca….. Tempat kuring sakola di sd palayangan………..slm salam ka urang pngalengan sadayana….

  43. janten hoyong klapangalenganayena

  44. urang cicing di sisi cileunca asa te keeng euy

    mang asep jabog mah tong di percaya tukang ngawadul

  45. kasih tau terus informasi pangalengan emng sih aq asli orang pangalengan tapi belum tau banyak tentang pangalengan

  46. iia gtuh mistisnya kya gtu?? baru tw gw
    jdi atut ah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s