80-an

Aku lahir tahun 1975, setidak nya termasuk anak produk tahun 80-an, dimana situasi masa itu masih sangat sederahana dibandingkan dengan keadaaan sekarang, belum ada HP, Komputer, Internet, apalagi Play Station, permainan anak-anak masih seputar permainan rakyat seperti Gatrik, Gobak Sodor (Sorodot Gaplok), Galah , ngadu karet, ngadu gambar, Ucing Sumput (Petak Umpet) dan Lolodehan. Akhir era 80-an baru muncul Intercom sebagai alat komunikasi antar kampung murah (di kampung ku sering disebut radio raweuy karena menggunakan media kabel sebagai media komunikasi sehingga di mana-mana terdapat bentangan kabel), dikatakan murah karena peralatan radio amatir seperti radio CB waktu itu masih dianggap teralalu mahal.

Hiburan murah pada saat itu adalah TV dan Player VHS merk Betamax, kepemilikan TV pada awal 80-an masih bisa dihitung jari, yang aku ingat waktu itu hanya Bapak dan Pak Dayat yang memiliki TV, itu pun beda RT. Walaupun di sebuah kota kecil yang jarak nya hampir 40 Km di Selatan Bandung, tapi masih bisa menangkap siaran TVRI dengan acara-acara yang masih sederhana, acara favorite aku waktu itu adalah film kartun yang ditayangkan sekitar jam Setengah Lima sore. Sedangkan untuk nonton film yang lagi trend menggunakan Player VHS, kaset video nya bisa didapat dari penyewa keliling atau Bapak sengaja berangkat ke Bandung untuk menyewa kaset video dari tukang sewa yang koleksi nya lebih lengkap.

Terima kasih kepada Pak Heribertus yang telah memperkenalkan link blog 80-an, bila baca blog itu aku jadi senyum-senyum sendiri, apalagi klo lihat slogan nya Memble Tapi Kece🙂 .

GUE BANGET“, itulah kesan pertama pada saat membaca blog itu, disana dibahas detail hal-hal yang berhubungan denga tahun 80-an dari mulai acara TV 80-an kegilaan dan aneka jajanan. Artikel yang menarik diantaranya :

  • Film Boneka Si Unyil

Icon tahun80-an sejati, acara TV favorite yang ditunggu-tunggu anak-anak pada hari minggu, biasanya ditayangkan setelah acara Senam Pagi Indonesia, disusul Ria Jenaka dan terakhir film si Laura dan Michael London (Little home on the Praire)

  • Voltus V

Film Video yang ngak disiarkan di TV, film robot yang dibentuk dari 5 pesawat terbang untuk membasmi kejahatan, menjadi imajinasi anak-anak kala itu. Sampai-sampai aku terobsesi ingin sekali naik pesawat terbang dan mengemudikannya sendiri, diperagakan bila naik pohon jambu didepan rumah terus nyempil di sebuah ranting pohon ngebayangin seolah-olah sedang mengemudikan pesawat🙂 dan menggerakan robot. Film top yang lainnya adalah Megaloman, Gaban dan Saripan. Selain itu film yang banyak digemari waktu itu adalah serial silat dari hongkong seperti film “Ma wing Ching”.

  • Buku serial Lima Sekawan

Klo yang satu ini adalah bacaan ku waktu masih SD, tidak ada di perpustakaan sekolah, Kakak ku yang meminjamkannya dari perpustakan di sekolahnya (sekarang SMPN1 Pangalengan). klo udah membaca buku ini sampai lupa waktu, bisa tidak tidur semalam supaya bisa tamat karena besoknya akan dikembalikan. Sapta Siaga adalah serial yang mirip Lima Sekawan, pengarang nya sama yaitu Enid Blyton.

  • Belajar bernyanyi bersama artis JK Record

Senandung lagu-lagu cengeng, melankolis, mendayu-dayu yang tidak terdengar lagi sekarang. Siapa yang tak kenal Obie Mesakh, Ratih Purwasih, Ari Wibowo, Heidy Diana… Artis penyanyi Jadul tahun 80-an

  • Jajanan tahun 80-an

Aneka jajanan yang digemari saat itu, permen benson, cocorico, coklat ayam, Wafer Supermen dll.

Masih banyak lagi topik-topik lainnya, bagi rekan-rekan yang merasa produk tahun 80-an, selamat membaca blog ini. Dijamin ente akan ngakak, klo ngak senyum, minimal ente bakal mesem sendiri. Kok memble aje… tapi kece lho… :) .

6 responses to “80-an

  1. gue lagi cari list film anak2 dr awal 80an smp akhir 80an.
    buat mengenang masa lalu….

    gue mo cari opening theme dr film2 itu sih..sukur2 klo bisa dapetin film2 serinya..

    klo mo cari filmnya dimana yah …

  2. aku pengen lagunya 6 artis jk record karya deddy dores dong judulnya kalo gak salah bintang kehidupan, siapa yang punya kirim ke emailku ya…

  3. dari blog ini jd teringat masa lalu, tau gak di mana isa beli permen beson yg bungkusna ungu2 isinya yngu ke hitaman??klo ada yg tau tulunk kaseh info ke email : ketombelucu@yahoo.com

    thks

  4. benson di mana ya dpt lagi di area bandung.. da yg ngidam nich..

  5. guys,.,.tanya dounk permen bensons da dimana y skrg.,,
    tulung y klo ktemu kbrin
    k email : knurihsan@yahoo.co.id
    atw call : 081632111393
    thks byk😉

  6. Ћªǟª =)) ћǟªћǟª =)) ћªǟª jadi pingin kembali ke masa lalu… Klu anak2 sekarang mah Ʊϑaђ aneh2, jajanan’y, nyanyian’y, pelem’y… Dewasa sebelum waktu’y….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s