Dokumentasi Photo Zaman Kolonial

Bicara tentang dokumentasi, Belanda adalah jagonya. Betapa tidak, semua hal-hal sejarah, jurnal, artefak atau interview zaman baheula semua dikoleksi untuk di dokumentasikan baik dalam bentuk script, photo,video atau barang-barang peninggalan sejarah.

Kejadian heboh baru-baru ini dengan ditemukannya clip Lagu Indonesia raya yang di klaim Roy Suryo sebagai penemuan team nya, lirik terlengkap dan Arsip Nasional belum memilikinya, di sebuah server Leiden Belanda menunjukan bahwa hal-hal yang berbau sejarah sekalipun tidak berhubungan langsung dengan negaranya, mereka koleksi juga. Konon katanya untuk mendapat gelar S3 Sastra Sunda, mahasiswa UNPAD harus rela terbang ke Negeri Kincir Angin itu karena arsip-arsip kesundaan kuno telah dianggkut Penjajah Belanda ke negaranya pada zaman kolonial yang tersimpan rapi di Universitas Leiden. Menurut Mamat Sasmita dalam tulisan nya di Koran Kompas Jabar Kamis tanggal 6 April 2006, banyak kolektor Belanda yang mengaabadikan script-script sunda seperti Snouck Hurgronje, KF Holle, CM Pleyte, JLA Brandes, Th Pigeaud dan lainnya. Menurut nya Snouck Hurgronje telah “menyelamatkan” naskah-naskah Sunda yang begitu banyak untuk disimpan di negri Belanda, karena apabila tetap berada di yang empunya bisa jadi tidak pernah dibaca untuk dipelajari, jangan-jangan malah akan dijadikan tutungkusan, dijadikan benda keramat. Tapi, alangkah jauhnya kalau ingin melihat atau meneliti naskah Sunda oleh orang Sunda dari Tatar Sunda.

Salah satu situs dokumentasi yang saya kagumi adalah situs milik institute kerajaan Belanda tentang kajian geografi, bahasa dan antropolgi atau KITLV (Koninklijk Instituut voor Taal-, Land- en Volkenkunde) yang memuat cataloge, image, artikel dan koleksi interview. Link Favorite yang saya sering buka adalah menu Images (Photo) berupa search engine untuk mencari photo lama dengan keyword yang kita inginkan, bila ada dalam database nya maka akan dimunculkan photo dalam bentuk thumbnail, tinggal di click salah satu maka akan muncul photo yang kita inginkan dalam ukuran sedang.

Saya mencoba kata Pangalengan sebagai keyword nya, photo tertua yang ditemukan adalah ini:

Pengalengan bij Bandoeng

Saya sendiri tidak tahu Pangalengan sebelah manakah itu?, mungkin ketika baru diadakan pembukaan daerah baru yang asalnya merupakan hutan belantara jauh sebelum K.A.R Bosscha membuka perkebunan Malabar tahun 1898 dan sebelum kakek saya hijrah dari Garut ke Pangalengan. Dari deskripsinya photo ini diambil tahun 1860, Woww… jenis kamera apa yang digunakan pada saat itu ? (Yang jelas bukan kamera digital🙂 )

Gouvernements Kina-onderneming Tjinjiroean in de Preanger Regentschappen

Ini adalah salah satu photo daerah Cinyiruan sekitar tahun 1925, Cinyiruan adalah sebuah afdeling (wilyah perkebunan) Kina di sebelah Timur Laut Pangelangan, letak nya di daerah perbukitan lereng Gunung Malabar berhawa sejuk. Dari sana kita bisa melihat view landscape Pangalengan secara keseluruhan. Dari Gambar ini dapat dilihat karakteristik khas kolonialisme dimana tuan tanah mendirikan bangunan besar sebagai tempat tinggalnya untuk mengontrol perkebunan, dilayani oleh orang-orang bangsa pribumi yang harus selalu siap menuruti apa yang diperintahkan tuannya. Sampai sekarang bangunan itu masih ada dengan sedikit renovasi gaya art deco. Apapun deskripsi anda tentang photo itu, yang jelas “SEBUAH GAMBAR LEBIH BISA MENJELASKAN DARIPADA SEJUTA KATA“.

Masih menurut Mamat Sasmita, Snouck Hurgronje meninggal pada tahun 1936, sebelum meninggal menulis surat wasiat yang tidak boleh dibuka selama 100 tahun setelah kematiannya, surat wasiat tersebut sampai kini masih tersimpan di KITLV, mungkin saja akan menyingkap banyak rahasia. Mudah-mudahan saja salah satu isi dari surat wasiat Tuan yang akan dibuka tahun 2036 nanti adalah mengembalikan naskah-naskah Sunda ke Tatar Sunda.

7 responses to “Dokumentasi Photo Zaman Kolonial

  1. keren bro membangkitkan memory masa lalu

  2. aMAZING, saya ga pernah tau sebelumnya

  3. om, bade naros??
    kumnaha cara ngalebetkeun video kana wordpress???
    teras tipe filena kedah naon????

  4. abi noe…!!!!

  5. Pangalengan mangrupikeun tempat anu endah tur ngandung sajarah anu panjang.

  6. bagus,menarik dan bangunannya kuno buuanget……… so,aku ingin kesana …

  7. Sebagai lulusan sejarah, aku ucapkan good

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s