Teladan sepanjang masa

buku_muhammad.gifKrisis idola tengah melanda kaum muda saat ini, juga tidak tertutup kemungkinan melanda kaum tua, mulai dari mengidolakan bintang film, bintang sinetron, lebih konyol lagi ada yang mengidolakan tokoh kartun yang notabene buatan manusia dan tidak layak dijadikan idola.

Bagi rekan-rekan Muslim cukuplah statement Allah yang mengatakan “Sesungguhnya pada diri Rasul itu ada terdapat suri tauladan yang baik untuk kamu ,bagi orang-orang yang mengharapkan Rahmat dan hari kemudian dan yang banyak yang memuja Allah“, tentu yang Allah maksud adalah Rasulullah Muhammad SAW, mengapa kita tidak jadikan dia idola, padahal tokoh-tokoh sekuler sekalipun mengakui kehebatan beliau. Ayo kaum muslim, jadikanlah kita sebagai Muhammad Fans Club.

Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Siapakah Muhammad itu, tentunya perlu kita mengenal lebih jauh siapa dia, dari mana asalnya, bagaimana tingkah laku nya. Saya memiliki sebuah buku rujuakan terbitan Serambi yang berjudul “Muhammad Kisah hidup Nabi berdasarkan sumber klasik” pengarang Martin Lings, seorang mualaf jenius Irlandia lulusan Universitas Oxford.

Menurut saya, buku ini begitu sederhana penyampaiannya, tapi begitu berkesan maknanya. Menerangkan secara detil kisah hidup Rasulullah dari mulai lahir sampai beliau wafat. Saya jadi sedikit tahu tentang asbabul nuzzul dari buku ini, latar belakakang kenapa suatu ayat dala Al-Qur’an diturunkan. Banyak kisah yang belum saya ketahui sebelumnya ada dalam buku ini, pada umumnya di madrasah dulu hanya dijelaskan siapa Nabi Kita itu secara global dengan step-step grafis sebagai gambaran perjalanan hidup Nabi, tentunya sangat tidak menarik buat saya. Dalam buku ini juga terdapat kisah heroik perang Uhud, Perang Badar, perang parit sampai skandal pertama dalam dunia Isalm dimana Aisyah digosipkan berselinggkuh dengan sahabat Rasul yang kemudian diluluruskan oleh Allah dengan turunnya sebuah ayat Al-qur’an.

Rujukan buku ini benar-bernar dari sumber klasik Jazirah arab 1400 tahun yang lalu ditambah dengan hadist shahih dari perawi handal. index referensi nya ditulis di halaman akhir buku.

Tak terjangkau tinggi pekertimu
Tidak tergambar indahnya akhlak mu
Tidak terbalas segala jasa mu
Sesungguhnya engkau rasul mulia

Tabahnya hatimu menempuh dugaan
Mengajar arti kesabaran
Menjulang panji kemenangan
Terukir nama mu di dalam Al Quran

Rosululloh

Album : Cahya Ilahi
Munsyid : Hijjaz

2 responses to “Teladan sepanjang masa

  1. Ya Allah…
    Mudahkanlah kami untuk mengikut jejak langkahnya
    Berilah kami kemampuan meniru kehalusan budi pekertinya
    Dan jadikanlah keinginan pertemuan dengannya
    Satu yang utama dari beberapa cita-cita mulia

    Semoga sholawat beserta salam senantiasa terlimpah curah keharibaan Baginda Rasulullah Muhammad S.A.W., pada ahli keluarganya dan para sahabatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s