Apa yang salah dengan Aa Gym ?

Sudah banyak postingan tentang Aa Gym, tokoh yang satu ini telah banyak menimbulkan opini publik, pro dan kontra dengan sikap beliau yang dianggap kontroversial, “Poligami” masih dianggap tabu di lingkungan kita, yang dianggap sebagai cikal bakal semakin tidak populer nya nama da’i kondang ini.

Sejujurnya beliau telah saya anggap sebagai salah seorang yang berpengaruh dalam hidup saya. Pertama kali saya mengenal Aa Gym saat mengikuti acara malam tasyakur yang diadakan DKM Unpad Tahun 1995. Seperti biasa antara jama’ah ikhwan dan akhwat dipisahkan oleh sebuah hijab yang terbuat dari kain yang pada saat itu letaknya agak miring, petuah pertama Aa Gym saat itu adalah menyuruh panitia meluruskan hijab itu, “Sepanjang masih bisa lurus, mengapa kita tidak meluruskannya” tutur nya. Ketika itulah saya pertama kali mengenal Daarut Tauhid, sebuah pesantren di kawasan Geger Kalong Girang asuhan beliau.

Tiga tahun kemudian beliau semakin populer dengan adanya acara live “Tausiyah dari Aa Gym” di Radio Paramuda Bandung, kemudian disusul dengan kemunculannya di TV dengan mengusung konsep Manajemen Qalbu (MQ). Aa Gym merasa tidak puas dengan siaran nya di sebuah stasiun radio di Bandung, merasa bahwa tausiyah yang disampaikannya tidak singkron dengan acara radio tersebut, pagi nya diisi dengan acara yang menyejukan hati, sejam kemudian diisi dengan acara khas anak muda yang menurut beliau jauh dari mendekatkan diri kepada Allah, setahun kemudian (Sekitar tahun 1999) didiriakanlah Radio MQ dan diperbaiki performance nya dengan MQFM.

Ketika masih tinggal di Bandung, saya sendiri sering mengikuti Tausiyah live nya di pengajian Mesjid Daarut Tauhid, setiap malam Jum’at dan Minggu pagi (tentunya setelah mengikuti Pengajian Majelis Percikan Iman), bila tidak sempat datang bisa mendengarkan nya di MQFM yang Alhamdulillah di relay langsung setiap ada pengajian dan seminar di DT.

Aktivitasnya sangat padat, tercatat di bagian Humas DT, setiap bulanya ada ribuan undangan untuk Aa Gym, yang tentunya tidak dapat dipenuhi semua, mulai dari acara kenegaraan (mengisi acara seremonial dan ditunjuk menerima tamu negara), acara pengajian di seluruh Indonesia, Tablig Akbar dan masih seabrek kegiatan lainya.

Cukup, saya akhiri reviewnya. Saat ini muncul suara-suara sumbang dengan  pernikahan Aa Gym dengan istri keduanya, sekarang apa yang salah dengan Aa Gym?

  • Poligami yang dilakukannya, apakah dianggap melanggar aturan agama, isteri pertama sudah ikhlas dengan pernikahan kedua suaminya, apa yang salah ?
  • Seorang Aa Gym merupakan type orang yang tidak mendewakan popularitas, semua yang dilakukan menurutnya hanya yang bermanfaat dan berusaha mendapat Ridho Allah SWT, apa yang salah ?
  • Sejak isu poligami merebak, banyak mitra MQ yang membatalkan kontrak kerja nya, banyak jamaah haji dan umroh membatalkan haji dan umrohnya melalui Travel MQ karena poligami Aa Gym, beliau mengatakan “biarkanlah itu, benar apa yang mereka lakukan, karena ibadah yang hendak mereka lakukan karena Aa Gym bukan karena Allah, adakah yang salah dengan ucapan itu ?
  • Seorang ibu yang memaki-maki Aa Gym lewat SMS, dengan lantang mengatakan “AA Gym, bila saya bertemu dengan anda, akan saya ludahi wajah mu, akan saya jambak rambutmu” dengan tenang beliau mengatakan “Apa yang keluar dari sesuatu merupakan gambaran dari isi sesuatu itu, sebuah teko yang berisi air teh, akan mengeluarkan air teh”. Pantaskah kata-kata itu terucap dari seseorang yang selama ini mengikuti tausiyah bening hati ala Aa Gym. Adakah yang salah dengan orang ini ?
  • Sebelumnya banyak media yang antusias menayangkan acara tausiyah Aa Gym, meliput semua kegiatannya atau memposting semua tausiyah nya, sejak pernikahan nya yang kedua, semua media seakan ogah untuk mengetengahkan tokoh ini. Padahal konsep-konsep sederhana beliau seperti 3M, 5S dan yang lainnya saya anggap bisa dijadikan solusi buat memperbaiki akhlak bangsa ini yang semakin bobrok. Tidak ada variable dakwah dalam media, yang ada hanya menarik keuntungan dari popularitas seseorang, bagaimana menurut anda ?
  • Maha suci Allah yang menjadikan dua fenomena  bersamaan, waktu itu pernikahan kedua Aa Gym bersamaan dengan terungkapnya perbuatan mesum seorang anggota Dewan. Respon publik pada umum mengganggap kedua fenomena sama najis nya. Jauh-jauh hari sebelum pernikahan keduanya, Aa Gym mengatakan “Kenapa poligami yang jelas-jelas halal (jika sesuai aturan) lebih diributkan dibandingkan dengan pergaulan bebas yang semakin marak ?”.
  • Terakhir, menurut anda apakah poligami tidak sesuai dengan yang selama ini Aa Gym tausyiah kan, apakah hal itu merupakan sikap munafik dan tindakan ingkar dari apa-apa yang telah dikatakan nya selama ini kepada publik ?, sehingga ada yang merasa jijik pada beliau dengan dalih telah mengecewakan jama’ah nya.

Saat nya cooling down, hm… ambil napas dalam-dalam🙂 . Sudahlah, biarkan orang sibuk mengaoceh, menghabiskan energi yang tidak perlu untuk meributkan hal ini, yang jelas menurut sebuah tabloid hiburan, “Saya baik-baik saja” tutur Aa Gym.

19 responses to “Apa yang salah dengan Aa Gym ?

  1. maaf ya kayaknya opini anda cenderung ke aa gym ya. coba deh tanya
    dipihak yg berseberangan biar imbang. mumkin tanya pada wanita berbagai kalangan. atau lebih jelas anak-anak yg ayahnya poligami. coba deh. silakan

  2. menurut sy pribadi Aa Gym itu tidak bisa menjaga hati padahal dia itu menggembor-gemborkan JAGALAH HATI sampai dia bikin lagunya.
    sekarang alasan apa sehingga dia berpolygami ( istri pertama cantik, soleh, punya keturunan ). COBA RENUNGKAN BERSAMA, YANG JELAS TIDAK BISA MENJAGA HATI NYA.
    sy laki-laki punya keluarga dan sy bisa merasakan nya akan tetapi sy Insya Allah masih bisa menjaga hati sy sampai saat ini.

  3. @ eko
    ada benarnya juga, apa saya terlalu emosi dalam tulisan di atas?, makasih masukanya… jadi perlu nambah referensi nih🙂 tadinya saya ngak berniat memihak manapun, hanya berusaha bersikap proporsional, tapi klo anggapan pembaca saya lebih ke Aa, afwan.

    @ awan tea
    Oh.. itu rupanya yang dianggap sikap munafik dari seorang Aa, hmm.. emang ada hubungannya ya polygami dengan menjaga hati? hati dirinya sendiri? atau hati pasangannya?

    • Saya tinggal di Madinah, jadi tahun 2007 waktu rame aa Gym poligami cuma dari jauh saja denger-denger, begitu juga waktu itu rame kasus Yahya Zaini cuma denger-denger….tahun 2010 ini rame kasus Kyai Zainuddin MZ yang dibuka aeb oleh Aida juga cuma denger-denger…

      Namun Yang pernah saya ketahui : bahwa Rasulillah baru poligami setelah istri pertamanya yaitu Siti Khadijah wafat…waktu Siti Khadijah masih hidup Rasulullah tidak berpoligami…setelah Siti Khadijah wafat maka Rasulullah menikahi istri lain, berturut-turut sampai lebih dari 10 istri…Rasulullah sudah mencontohkan, beliau menikahi janda, hanya Siti Aisyah bn Abu Bakar Asshidiq yang perawan, dan motif pernikahan Rasul adalah melindungi/menyelamatkan janda-janda itu atau motif politik dengan para suku yang ditaklukkan Islam….

      Saya pernah membaca tulisan seorang muslimah yang setia dengan dakwah live aa Gym di Bandung…dia menulis bahwa suatu pagi mengikuti ceramah aa Gym yang dihadiri teh Ninih membahas mengenai poligaminya….waktu itu aa Gym bilang beliau berpoligami untuk menguji keimanan dirinya sendiri dan keimanan istrinya, teh Ninih…salah satu tujuan aa Gym berpoligami adalah ingin mengantarkan teh Ninih menjadi bidadari di syurga karena teh Ninih terbukti lebih mencintai Allah swt daripada mencitai suaminya yang ganteng, masyhur, dan kaya ….Katanya anak-anak aa Gym juga diuji iman dan kesabaran mereka….dalam hal ini sifat kemanusiaan manusia yang dasar yaitu sifat ingin memiliki untuk diri sendiri, cemburu, harus berhadapan dengan keyakinan akan Ayat AlQur’an yang menghalalkan seorang pria berpoligami….

      Yang membuat kita mungkin terenyit alis adalah ketika yang dipilih aa adalah teh Rini dengan backgroundnya, karena begitu banyak pilihan janda yang bisa diambil oleh aa Gym….juga mungkin betul caranya membuat berkerung : saya malah tidak tahu kalau aa Gym menikah diam-diam di Singapura dan tanpa izin teh Ninih….karena yang saya baca di internet kelihatannya teh Ninih berada dalam proses pernikahan kedua ini, dipersiapkan oleh aa Gym mental dan keimanan teh Ninih…Jadi kalau benar, yang berat untuk diterima adalah kenapa pilih teh Rini dan kenapa caranya begitu ?…

      saya menduga yang berat untuk teh Ninih pada masa awal poligami ini, bukan tindakan suaminya terhadapnya, tapi reaksi dan tindakan masyarakat terhadap suaminya…karena teh Ninih begitu mencintai dan berbakti pada aa Gym….tidak akan tega suaminya mendapat perlakuan keras dan kezam dari masyarakat….mungkin itu yang membuat teh Ninih keluar masuk rumahsakit…bukan karena tidak rido dimadu…Saya percaya teh Ninih beriman pada Qur’an seluruhnya dan bukan sebagian-sebagian, jadi penderitaan teh Ninih saya yakin bukan karena diduakan hati oleh aa, tapi karena tidak tega aa dianiaya mental oleh masyarakat….teh Ninih menderita karena aa Menderita dan anak-anaknya menderita….

      apa yang salah dengan poligami aa Gym ? Menurut saya masyarakat kita yang belum siap menerima berita ini, karena dulu kalau tidak salah PP 10 yang melarang pegawai negeri poligami karena ibu Tien Suharto almh tidak mau dipoligami….wallahu alam saya tidak tahu benar tidaknya latar belakang PP 10 itu….kita tidak siap aa gym sebagai guru berpoligami dan mengajari kita poligami yang baik dan benar…kita takut.

      apa yang salah dengan poligami aa Gym ? Mungkin juga karena Rasul sendiri mencontohkan poligami setelah istri pertamanya Siti Khadijah wafat…Rasulullah tidak menduakan Siti Khadijah ummul Mukminin….Kita tidak tega pada teh Ninih karena teh Ninih masya allah toyibah, cantik, pintar, berbakti, punya anak, dan sehat….

      apa yang salah dengan poligami aa Gym ? seperti yang aa Gym bilang karena tidak ada guru untuk urusan poligami, aa Gym tidak bisa berguru dulu sebelum melakukan poligami, apalagi poligami di indonesia biasanya memang disembunyikan, ….jangan lupa para wanita Indonesia sejak di SD sudah diajari tentang emansipasi wanita, bahwa gender, martabat kesejajaran wanita dengan pria…wanita di indonesia dasarnya sudah dipersiapkan untuk mandiri, tidak dibawah pria melainkan sejajar, tentu saja tidak akan mau dimadu dan mungkin akan memilih melajang mandiri, mungkin begitu…di negara seperti Saudi masalah poligami sudah lumrah diterima wanita dan masyarakat….bahkan di Amerika di wilayah Texas ada ranch yang diisi oleh keluarga poligami, ada satu pria beristri 4 dan anaknya sampai 38 orang (salah satu anak hasil poligami ini jadi kontestan interaktif TV yang bernama The Moment of Truth dan menggegerkan orang amerika karena hampir tidak percaya ada yang berpoligami dan punya anak begitu banyak di amerika….tidak ada yang pergi ke publik karena di amerika mereka hidup dalam koloni eksklusif…bahkan Oprah Winfrey show pernah menyiarkan hal ini karena selain fakta poligami juga ada fakta nyeleneh bagi orang amerika karena istri-istri dinikahi dalam umur yang sangat muda sekitar 16-17 tahun…Masyarakat yang berada dalam kultur kebebasan tidak akan mudah menerima konsep poligami.

      Akan halnya terjadi pada aa Gym : anak-anaknya saya dengar juga mendapat ujian dari teman-teman di sekolahnya akibat aa poligami itu , tapi mereka anak-anak yang tawakal….dalam hal ini saya melihatnya bahwa aa Gym melakukan poligami menguji dirinya sendiri akan ketenaran dan kemasyhurannya dan juga menguji keimanan istrinya dan anak-anaknya….Apakah aa mencintai kemasyhuran melebihi mencintai Allah swt dan RasulNya ? Aa rela melepas kemasyhuran ketenaran….Aa bahkan dipojokkan….Bila aa, istri dan anak-anaknya berhasil melewatinya, maka masyarakat nanti akan tahu apa motiv dan makna aa memilih teh Rini ini…saya nggak tahu mengenai figur teh Rini kecuali bahwa dia janda dan masih keluarga pak Habibie….apakah masyarakat mau menerima teh Rini di tengah dakwah aa Gym ? mungkin butuh waktu….kelemahan aa terjadi karena memang nggak ada gurunya untuk poligami, justru aa yang kini jadi guru untuk poligami….aa sudah menebusnya dengan tenggelam ketenaran….pastilah ini juga menjadi beban berat bagi istri mudanya yaitu teh Rini, menyaksikan hari-hari berat aa Gym dan teh Ninih dan anak-anak mereka yang 7 orang….Teh Rini menanggung beban sosial yang sangat berat setelah mau dinikahi aa Gym jadi istri kedua aa Gym…

      Masalah Dai : Kita di indonesia sangat membutuhkan Dai yang membumi seperti aa Gym, yang bukan hanya mampu memberi nasehat tapi menerapkan dulu bagi dirinya, istrinya dan keluarganya….maaf mari kita bandingkan dengan figur Kyai Zainuddin MZ, dari sejak lama, puteranya juga sering bikin gossip karena pacaran dengan selebritis, kini Pak Kyai sendiri kena wallahu alam gossip atau benarnya, tapi dituduh memperkosa adalah benar-benar tidak level untuk seorang Kyai…..

      Di Saudi Arabia tempat saya mukim, para pria berpoligami salah satunya karena perbandingan jumlah pria dan wanita sangat tidak seimbang….terlalu banyak wanita, sehingga wanita banyak yang melajang sampai jadi perawan tua….akhirnya para orangtua di Saudi menikahkan anak gadis mereka yang sudah jomblo ini ke dalam poligami….biasanya diantara para kerabat satu marga…..Karena kasihan pada wanita …. Jumlah wanita memang lebih banyak daripada jumlah pria.

      Saya tidak ragu dengan kualitas aa Gym, beliau pasti sudah sangat berhati-hati ketika memutuskan poligami ini termasuk memilih calon istri mudanya….., yang tidak siap adalah kita yang mengagumi figur dan rumahtangga aa Gym, yang mengagumi istri aa Gym teh Ninih……kita yang takut dan tidak siap Aa Gym poligami, takut para suami jadi terdorong untuk ikut-ikutan poligami……Masyarakat Indonesia tidak siap akan legalisasi poligami….dibutuhkan ilmu dan keikhlasan serta adil yang disyaratkan dalam AlQur’an, memastikan bahwa poligami dijauhkan dari motivasi hawa nafsu akan kecantikan dan keduniaan lainnya…..Kita menjadi suudhon karena katanya ternyata teh Rini cantik, bekas peragawati, lebih muda dari teh Ninih, dan keluarga pak Habibie, sehingga kembali kita tidak bisa menerima dalil atas keputusan memilih teh Rini…Kita menginginkan aa Gym memilih istri muda yang kriterianya tidak membuat kita suudhon karena tidak memiliki kecantikan, kemudaan, dan latar keluarga dari kalangan elit….Kalau aa menikahi wanita dari keluarga biasa/miskin, tidak cantik, lebih tua dari teh Ninih, yang lebih patut dibelas kasihani diangkat dari keterpurukan, masyarakat mungkin akan lebih mudah menerimanya dan tidak sekontroversial seperti yang telah terjadi…..yang menyebabkan aa dicap munafik….Apakah aa Gym salah pilih ? kita tidak tahu, hanya aa yang tahu persis kenapa memilih teh Rini…..aa sudah bilang : bahwa waktu menikahi teh Ninih, Aa menerima teh Ninih sudah jadi (maksudnya solehah) karena teteh memang anak Kyai, makanya memilih teh Rini karena belum jadi (solehah)…dan kata aa karena teh Rini adalah wanita yang kuat & tabah, yang berjuang ketika dia menjanda dan menanggung beban anak serta ayahnya yang stroke….tapi itu mungkin tidak cukup jadi dalil bagi masyarakat yang mencintai dan menjadikan aa dan teh Ninih suri tauladan bagi mereka…..dalil aa memilih teh Rini tidak cukup untuk diterima masyarakat….

      Setelah 3 tahun, saya tidak banyak mendengar bagaimana perkembangan rumahtangga aa Gym….bila Omdien tahu tolong kabari kami semua karena kami tertarik untuk jadi cermin kehidupan kami sendiri…..ceritakan pada kami bagaimana teh Ninih dan teh Rini sekarang…Bagaimana aa Gym membina poligaminya….Apakah aa berniat poligami sampai 4 ? Kalau aa mampu membuktikan keadilan pada istri-istrinya, mampu membuktikan bahwa motivasi poligami bukan karena hawa nafsu melainkan membantu dan melindungi seorang janda, maka tidak akan ada keberatan untuk aa menikah sampai punya 4 istri….

      Saya cuma bisa mendoakan saja…Doa adalah lebih baik dari segalanya…Mendoakan aa agar dijauhkan dari kezaliman pada dirinya sendiri, juga pada keluarganya dan pada masyarakat yang sedang diluruskannya….

  4. emang sukar yach dalam menilai. … apalagi yang melakukan, ilmunya lebih dalam dari yang menilai.

    Tukang becak tak akan pernah tahu mengapa orang pusing yang di suntik tetap pantat. mungkin akan menilai dokternya ndak waras.

    itulah kita, orang indonesia. yang lebih suka dengan penilaian orang2 banyak tanpa mau mengetahui siapa yang berbicara. dan bagaimana keilmuannya.

    jadi mari, klo kita berbicara tentang sesuatu yang ada hubungannya dengan agama, yang kita jadikan acuan adalah qur’an dan sunnah rasul. bukannya malah komentar seleb semacam inul dll.

    jadi mari biasakan berpikir apa, bagaimana, mengapa, dan dengan dasar apa tanpa melihat orangnnya.

    sooo jaya terus umat islam, jaga ukhuwah dan jangan pernag membicarakan orang lain DOSAAA !!!!!

  5. tapi aq bangga dengan dasar apapun, aa berani melakukan hal yang selama ini dianggap tabu ( bagi orang yang ngaku suci, alim, tanggung jawab)

    biarlah mereka mencerca aa, tapi aq jadi bingung klo orang yang seperti aa saja waktu poligami dibilang munafik (hal yang dicontohkan/diperbolehkan dalam islam) trus orang yang selingkuh diam2 malah dikatakan biasa.

    BINGUNG……!!!! TRUS KLO GITU KALIAN MAU MENGGOLONGKAN MUHAMMAD Sebaik-baik manusia kemana ….?????

    paaa yang komentar non muslim ya…..???
    pa belum tahuuuu………. ?

    maaaf klo menyinggung, tapi ada satu pepatah….. sebaik – baik orang beribadah adalah yang beribadah dengan ILMU.

    DAN SEBAIK – BAIK ORANG BERKATA ADALAH BERDASARKAN ILMU.

  6. ya … tentu
    coba bayangkan seorang istri yang setia, sholehah, cantik lahir dan punya keturunan yang cukup. Apa lagi kekurangannya dari seorang istri AA Gym? dan bagaimana perasaan anaknya melihat ibunya dimadu oleh bapaknya?.
    Apapun alasannya POLIGAMI itu menyakitkan bagi kaum wanita dan anak-anak kita (walaupun saya seorang laki-laki tapi masih bisa merasakan perasaan kaum wanita).
    seandainya wanita diperbolehkan untuk POLIANDRI/POLIGAMI dan menimpa pada kita kaum laki-laki, istri kita mau bersuami lagi alias kita di “MADU” padahal kita berpredikat suami setia, pasti sakit hati dech…(menyakiti hati orang itu dilarang agama lho…).

  7. kalau suami poligami tak da masalah dari pada dia melakukan zina dan menghasilkan anak haram mending dia nikah dengan istri yang halal yang menghasilakan anak yang soleh dan diridoi allah. tapi kalau istri poliandri wah gilaaa namanya….! istilahnya bahasa kasarnya satu lobang milik bersama dah tu rame pula..! naudzubillah minzdalik….

  8. Yang salah ituuu.. Aagym di tv pernah bilang “Ngapain poligami? satu istri aja gak habis juga”. tapi sekarang kenyataannya berbeda kan? itu yg namanya munafik, makanya dia jatuh sekarang. kasian si Teh Nini.. keliatan sedih bgt juga kan? mana ada sich perempuan yg rela di madu. Memang ada perempuan yg dari kecil impiannya kawin dengan orang yg berpoligami? hayo, jujur dengan hati.

  9. @ian
    apakah kalimat “Ngapain poligami? satu istri aja gak habis juga” merupakan statement, kutipan atau bercanda🙂
    jika dianggap statement, boleh lah… klo kutipan.. hm.. apalagi aa type orang yang suka bercanda.

    kepada rekan2x yang memiliki pemahaman mengenai masalah ini, boleh donk saya minta masukan. klo bisa se-objektif mungkin.. biar ada perimbangan dengan pemikiran-pemikiran subjektif.

  10. haha, itu udah kelihatan hasilnya lho mas omdien. bisnisnya terpuruk. si Aagym jg pernah bilang kalo poligami itu sebaiknya sama istri yg lebih tua. kenyataannya istri mudanya lebih muda, lebih cantik, mantan model, keponakan habibie. wieuhh.. tipe orang yg gak perlu dibantu. semua orang jg mau nikahin😛 yah udah keliatan lah munafiknya. gak usah dibuat pembenaran – pembenaran lain. ibu2 yg sering denger ceramah nya DT di radio, tv, atau dimana pun juga tau betapa munafiknya Aagym. Perbuatan lebih lantang daripada perkataan.

  11. KESALAHAN LANGKAH I: Aa Gym melakukan poligami sementara jemaah yang menyukai ceramah-ceramahnya kebanyakan orang awam, malahan ibu ibu rumah tangga. Aa tidak menyiapkan mereka untuk menerima poligami ini meskipun di ceramah itu sering dibahas oleh Aa-nya. Menurut istilah orang pemasaran, jemaah Aa itu bisa diistilahkan emotional market, pasar emosional. Resiko yang wajar dihadapi Aa bakal dibenci sama penggemarnya atau dijauhi atau tidak didengar lagi ceramahnya.

    KESALAHAN LANGKAH II: Aa Gym kawin lagi tanpa pemberitaan sebelum atau sesudahnya. Aa kawin lagi secara diam-diam. Bapak baca di diskusi disini soal kritik kawin diam-diam itu, malah ada yang menuduh seperti mempunyai isteri simpanan. Buat Aa yang kesohor bukan main-main, di nasional dan internasional, sangat tidak etis nikah lagi tanpa kabar berita. Aa seperti telah melukai perasaan jutaan penggemarnya, nanti mereka menuduh Aa sudah selingkuh, meskipun poligami itu halal ya. Ini salah fatal sekali nih.

    KESALAHAN LANGKAH III: Aa Gym kawin lagi sama seorang janda muda yang cantik, tinggi semampai, mantan model. Itu fakta ya, sementara Aa selama ini ceramahnya selalu mengajak mencintai akherat, tidak bermewah-mewah soal dunia, termasuk kecantikan disitu. Bagaimana memahaminya ya, kok Aa sendiri tidak mencontohkan menikahi wanita-wanita yang papa seperti contoh Rosul dulu ?

    KESALAHAN LANGKAH IV: Ini kesalahan yang paling fatal yang kita itu sebagai umat tidak habis pikir bukan main. Perlu pembaca ketahui ya, pernikahan Aa yang ke-2 itu dilakukan murni BACK STREET kata anak-anak muda sekarang. Bapak tidak habis pikir, kok panutan kita ini begini ya. Isteri Aa Gym, keluarga besar isterinya, anak-anak mereka berdua yang 7 anak itu, santri-santri Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, semua protes soal jalan back street itu. Bayangkan saja ya…Aa Gym nikah lagi di Singapura, secara diam-diam, tidak memberitahu Bu Ninih dan anak-anaknya, tidak berunding dengan orangtua Aa Gym dulu, baru memberi tahu setelah nikah selesai. Bu Ninih isteri Aa Gym itu sampai keluar-masuk RS gara-gara tak sanggup menerima tindakan suaminya. Dari rahimnya sudah lahir 7 orang anak, paling besarnya sudah kuliah, tapi soal sepenting poligami, Aa malah jalan sendiri. Ini fakta besar ya makanya Aa Gym dianggap cuma memburu kepentingan sendiri, sangat kecil perhatiannya kepada kepentingan keluarga. Ya Alloh Ya Rabbi kuatkan hati Bu Ninih dan anak-anaknya yang 7 orang itu, luruskan juga hati suaminya Aa Gym itu. Tidak ada yang nyangka Aa Gym akan berbuat begitu ya, kelihatan tindakan very-very emotionally. Berita ini bisa check langsung ke santri-santri Ponpes Daarut Tauhiid, sebabnya Bapak mendengar juga dari mereka. Bu Ninih itu insya Alloh bakal ridho ya kalau jalannya mulus, tapi ia back street ternyata.

    KESALAHAN LANGKAH V: Keterlibatan KH. Miftah Farid sebagai saksi pernikahan Aa Gym di Singapura, lalu Kyai Miftah juga ikut diam-diam tidak menyiarkan berita itu. Kyai Miftah itu sebagai Ketua MUI Jabar sangat tidak pantas perilakunya. Masak ya ada kejadian yang tidak benar kok dibiarkan dan ikut disembunyikan. Ini sangat memalukan muslimin Pasundan yang terkenal religius. Bapak sarankan seyogyanya Kyai Miftah mundur saja dari Ketua MUI biar nanti masyarakat Pasundan tidak menganggap kalo ulama seperti itu semua. Sedih sekali ini hari-hari ini, panutan masyarakat malahan terlibat kemufakatan menyembunyikan hal-hal yang tidak betul.

  12. itu di atas kesalahan I – V cari di google pak, bukan jawaban saya. jangan di campur adukan. cuman ngebantu aja cari jawaban dari pertanyaan mas omdien. moga2 itu jd masukan tambahan aja — tapi itu bukan jawaban saya. Jawaban saya yah yg di atas (kecuali kesalahan I – V)

  13. Hari gini ngumpiin orang, orang yang dirumpiin mah baik2 aje. Saya rasa kalau anda orang muslim thu apa itu artinya Ghibah……….

  14. kesian banget teh ninih, tapi lebih kesian lagi aa gym. teh ninih aku nilai udah mulai “EGP” sama suaminya, sering bilang “ya syukur aa gym udah yang ngurus, jadi gk kepikiran aa gym”, istilahnya EGP gitu ya…dan beliau lebih mendekatkan diri ke Allah swt dan batinnya udah tenang. Tapi aku lebih kesian lagi sama aa gym, sampe sekarang kayaknya masih gundah, masih mencari2 pembenaran, masih ragu2 dengan keputusannya sendiri. Moga2 AA teh Teteh bisa saling menemukan cintanya kembali “yang hilang”

  15. Kalo poligami dianggap menyakiti hati istri atau anak2 dr istri pertamanya, berarti hati istri dan anak2 dr istri pertamanya itulah yg seharusnya diluruskan. Bukannya poligaminya yg sdh JELAS dan TEGAS memang diijinkan dlm Qur’an yg harus disalahkan.

    Menyalahkan poligami berarti menentang hukum Allah (Qur’an).
    Mau………..

    • Tapi agama Islam hanya memperbolehkan, bukan menganjurkan!
      Ingat itu, memperbolehkannya pun dengan syarat!
      Kalau ada lelaki muslim poligami dan berdalih krn sunnah nabi itu salah besar, apalagi kalau lelaki muslim yg berpoligami itu cuma krn hawa nafsu!
      Kacau tuh!
      Ini yg bikin salah kaprah!

  16. salam buat semua umat islam dimana saja anda berada..
    saya tidak kenal Aa secara dekat seperti anda semua tapi kasus seperti ini perkara biasa cuma bedanya saya wanita punya anak 5 juga telah dipoligami sembunyi2 dari izin dan pengetahuan saya dan anak2 serta saudara mara.. yang mengatur pernikahan adalah keluarga isteri ke 2 yang sebenarnya adalah sepupu kepada suami..saya yang menganjurkan pertemuan hari keluarga untuk pihak keluarga sebelah suami dan pada hari tersebutlah isteri ke 2 mula menggoda suami saya…malah berturutan dari hari tersebut banyak pertemuan yang diatur oleh isteri ke 2,,janda anak 2…malah suami sendiri pernah mempelawa dia sebagai tetamu dan saya sendiri menjamu dengan masakan resipi istimewa sementara mereka saling bercinta diluar pengetahuan saya..apabila saya dapat mengesan jejak mereka, saya merayu pada isteri ke 2 dan ibubapa serta saudara mara mereka..jawaban dan rayuan saya dipandang sepi dan terkejut dengan perkataan dan jawaban2 seorang kaum sejenis saya, hati ini hancur malah tidak siapa dapat mengerti perasaan saya ketika itu…sejak menikah suami nyata2 berat sebelah, saya tidak diperlakukan seadilnya,urusan kewangan suami diserah bulat kepada yang ke 2, hingga pakaian dan kuih muih raya di shopping untuk saya di urus oleh isteri ke 2..dan sampai saat ini, suami tidak lagi menyentuh saya selama perkahwinannya yang berlaku sekitar penghujung tahun 2005..waktu itu airmata darah sekali pun tidak dapat menebus kesedihan saya..saya bertarung dengan penyakit stroke yang datang secara tiba2..komen dari isteri ke 2,,saya stroke akibat stress..yang menyampaikan kepada saya adalah suami…saya terlantar sakit seminggu TAPI MAHA SUCI ALLAH YANG MENGATUR SEMUANYA…SAYA LEBIH DEKAT DENGAN ALLAH…ALLAH MENCUKUPKAN SEGALANYA UNTUK SAYA, DAN ORANG YANG MEMBIMBING SAYA HINGGA KINI ADALAH ORANG YANG ANDA SEDANG NGIBAH…..GURUKU..

  17. Apa yang saya pelajari, tidak ada manusia sempurna, memaafkan adalah yang terindah , sucikan hati ikhlaskan diri semata-mata kerana mencari KEREDHOAN Allah s.w.t itulah maatlamat hidup sebenarnya..Dunia ini hanya sebentar, ketenangan bisa anda peroleh dengan hanya mendengar titis2 hujan yang gugur di daunan JIKA anda mensyukuri apa saja yang anda ada saat ini..Emas berlian, rumah besar, isteri atau suami yang cantik atau kaya belum tentu bisa membuat anda beroleh ketenangan…BANYAKKANLAH BERSYUKUR…dan beranggapan baik pada apa saja dugaan yang anda terima..Saya amat bahagia kini kerana rupa-rupanya Allah sentiasa dekat dengan hamba-hambaNYA, hanya kita manusia yang selelu lalai dan engkar…Alhamdulillah..terima kasih Guruku..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s