Pipa Lamajan, Belum Pernah Bocor Sejak 1920

BAGI Anda yang pernah berkunjung ke Pangalengan Bandung selatan pasti melihat bentangan pipa panjang berwarna kuning di sisi barat jalan raya. Namun, tahukah Anda, pipa raksasa itu telah ada sejak 1920?

Image by katenzo

SEPASANG pipa pesat berwarna kuning terang di PLTA Lamajan dapat dilihat langsung dari jalan raya Pangalengan, seperti yang terlihat Selasa (26/9). Pipa raksasa itu memiliki panjang 450 meter dan menyalurkan air untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik 3×6,5 MW.*DENI YUDIAWAN/”PR”

Tak banyak orang tahu bahwa pipa itu digunakan untuk menjatuhkan air dari ketinggian 216 meter dan memutarkan turbin di PLTA Lamajan atau disebut dengan pipa pesat. Meski hanya berdaya 3×6,5 mw, listrik yang dihasilkan PLTA ini mewakili berkontribusi dalam menyuplai kebutuhan listrik di jaringan Jawa-Bali.

Jika dilihat dari jalan raya, sekilas sepasang pipa ini tampak lurus dari atas ke bawah. Namun, saat dilihat dari dekat ternyata pipa sepanjang 450 meter itu berlekuk-lekuk, tepatnya memiliki delapan lekukan. Pipa besi itu memiliki diameter 1,8 dan 1,2 meter. Uniknya, selama 80 tahun lebih pipa ini digunakan ternyata belum pernah mengalami kebocoran!

“Pada 1994, pernah dilakukan pembersihan pipa dengan cara sand blast atau memompakan pasir khusus dengan tekanan tinggi ke dalam pipa itu,” kata Hardiyanto, Supervisor Pemeliharaan Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Saguling, Sub Unit PLTA Lamajan, Pangalengan.

Dua buah pipa pesat itu adalah penghubung antara Kolam Tando Harian (KTH) yang menampung air dari hulu dan power house yang berisikan tiga buah turbin dengan daya terpasang 7,25 mw.

Hampir seumur dengan dua buah pipa pesat tadi, ketiga turbin itu juga merupakan warisan pemerintah Belanda sejak 1920.

1.400 anak tangga

Tak banyak pula orang yang tahu, di sisi pipa terdapat tangga dengan jumlah anak tangga lebih dari 1.400 buah. Jika berjalan dari power house menuju KTH dengan meniti tangga tersebut maka akan memakan waktu sekira satu jam perjalanan. Wuih…

Namun, masyarakat di Cinangka dan Kasepen Desa Lamajang Pangalengan ternyata biasa meniti tangga itu setiap hari bila akan ke luar kampungnya menuju pusat keramaian.

Pipa di PLTA Lamajan memang menjadi daya tarik tersendiri. Tapi, mungkin akan lebih menarik jika pipa itu dihias grafity. Jadi, siapa yang berminat memperindah pipa itu, sehingga tidak terlalu monoton seperti selama ini? (Deni Yudiawan/”PR”)***

Sumber : Harian Pikiran Rakyat Rabu, 27 September 2006

11 responses to “Pipa Lamajan, Belum Pernah Bocor Sejak 1920

  1. haha teu apal.. aya nu kitu geuning?
    hebatnya eta Kumpeni? ..

    sehat A Didin?

  2. @ aldi
    wah… nyasar oge ka blog nu kucrut kieu…
    nuhun ah..
    alahamdulillah sae..

  3. Aduh kang Didin abdimah meni waas . emut ka Pangalengan teh .Sanaos abdi sanes orng Pangalengan asli ,tapi abdi teh bangga dengan sejarah pangalengan soal na ortu abdi asli na orng Pangalengan. jadi ada perasaan lain sama daerah Pangalengan yang sejuk ini teh . Hatur nuhun kana Kretip na ah…

  4. Nepangkeun abdi asli kelahiran Pangalengan borojol di Pasir Malang…

  5. kenalan kang. emut nuju survival, wengi2 turun tuturubun dari jalan raya pangalengan ke arah pipa plta lamajang, kemidian naik tangga di samping pipa. baru tahu jumlah tangganya ternyata 1400. kebayang capeknya jika sekarang, di usia stw ini naik tangga itu lagi…

  6. oohhhh om ngitungin juga anak tanggannya….soalna abdi kantos kadinya tapi teu apal aya sabaraha seer ate anak tangga teh…

  7. Denny N Soehardjadinata

    Nuhun……,dileler ku toweksa jeung rasa nya’ah ka kampung sorangan, emang tiasa ninggal photo PIPAH Plengan, kapungkurmah henteu dicet warna koneng, tapi dicet ngabelegbeg warna hideung, Sok ah…….insyaAllah sasieureun sabeunyeureun emang bade ngempelkeun photo2 jaman doeloe (Walanda), manawi aya keneh dina laci wanci, dina kandang jaman, nu kukolot urang katelahna “Jaman Normal”

  8. Nembe sakali-kali na simkuring tepang kdnya teh bari lari
    lumayan nguras tenaga oge euy!!!

  9. aduh tempat PKL abi eta teh

  10. Insya Allah tanggal 12 Februari 2014 SMK NEGERI 1 PURWOREJO Kompetensi TITL tingkat XI akan berkunjung ke PLTA Lamajan, Pangalengan, dalam rangka Kunjungan Industri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s