Johan Gerrit van Ham, Perintis peternakan sapi perah Pangalengan

Tahukah anda bahwa Johan Gerrit van Ham adalah pioner peternakan sapi perah di Pangalengan, lahir di Batavia tahun 1874, anak dari pasangan Petrus Paulus Hermanus van Ham, seorang anggota tentara KNIL (Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger) dan Anna Grouw.

Karena latar pendidikannya di bidang militer, dia terlibat perang Boer di Aftika Selatan, sehinga Pak Kunto (Kuncen Bandung) menjulukinya pelarian perang boer, bersama rekan-rekan nya sesama pelarian, dia mendirikan berbagai usaha di daerah Priangan dan sekitanya. ada yang mendirikan Dannish Bank (sekarang Bank Jabar), mebuka lahan pertanian di sekitar Cisarua Lembang, dan mendatangkan sapi dari Firieshland Belanda untuk di ternakan di daerah Lembang dan Pangalengan.

Beliau membuka lahan peternakan di daerah Bojong Waru sekitar tahun 1912 . dari peteranakan nya itu dia membuka pabrik roti (Bakkerij) dengan susu sebagai salah satu bahannya dan usaha pemotongan hewan (Slagerij). Dari sinilah cikal bakal adanya aneka olahan susu sapi perah yang marak saat ini di Pangalengan seperti permen susu, dodol susu, tahu susu, kerupuk susu dan aneka olahan lainya.

Beliau meningal pada tanggal 21 mei 1932, setelah sebelumnya menyerahkan kepengurusan peternakan sapi kepada kerabatnya. Atas usaha nya Majalah “Mooi Bandoeng” memberi julukan Frieshland in Indische kepada Pangalengan.

Johan Geert van Ham en zijn echtgenote, omstreeks 1930, toen hij in Pengalengan een boerderij had.

Weide met vee bij boerderij Bodjong Waroe te Pengalengan

30 responses to “Johan Gerrit van Ham, Perintis peternakan sapi perah Pangalengan

  1. ini teh pendiri BMC kan ya?
    A Didin.. gaduh info teu, pas PD-II Jerman-NAZI nyebarkeun pangaruhna oge teu di Bandung?
    sugan we NAZI pernah muka kantor perwakilanna di Bandung?

  2. @ aldi
    Yups… salah satu kompnen BMC

    Nazi… asa henteu di… pernah sih liha artikel berjudul “Pengaruh Jerman di Indonesia”, hanya menceritakan orang-orang jerman yg berkiprah di Indonesia, Diantarana GW. Baron Von Imhof dan Frans Wilem Junghun…
    Nazi mah asa teu mendakan..
    wah jigana terobsesi ku Nazi yeuh…
    kunaon tah🙂

  3. @omdien
    hehehe henteu.. nyari2 teh ga nemu, bisi we aya .. apanan pas taun 42-45 Jepang nginvasi Bandung .. apanan Nippon teh baladna Nazi jadii nyaa sugan we..
    heheh secara penggemar kisah2 Perang Dunia – II ..
    mun teu aya, posting carita Bandung/Pangalengan pas jaman Jepang atuh🙂

  4. Kalau di Jawa barat ternak sapi perah kebanyakan di daerah mana? apakah mereka juga sudah supply ke industri tertentu atau masih terbuka buat market lain?

  5. @Yesi

    Setahu aku di Jawa Barat kebanyakan di daerah Pangalengan dan Lembang, atau mungkin yang lain ada aku kurang tahu pasti. Yang jelas biasanya berada di daerah yang berhawa sejuk.
    Supply ke industri sudah dilakukan, Supply terbesar ke PT. Ultra Jaya, selain itu kperasi pengelola nya sendiri (KPBS di Pangalengan dan KPBU di Lembang) memiliki divisi produksi yang mengolah susu menjadi minuman siap saji, berupa susu bantal, susu gelas dan youghurt.
    “I think” peluang nya masih terbuka lebar, masih banyak produk dengan bahan dasar susu, anda bisa lihat tulisan saya “Aneka Olahan Susu Sapi Perah”

  6. 70 % dari total kebutuhan nasional masih dipasok dari impor
    nah sedih kan
    sekian miliar mungkin bahkan triliun devisa kita tersedot oleh impor susu sapi
    kita punya potensi untuk ternak sapi
    daerah yang cocok untuk sapi perah sangat luas terbentang di tanah air ini
    apa jawabannya selalu ……… KITA TIDAK SERIUS??????????

  7. Yup…. kenapa ya ???

  8. ass…wah pas buka ini langsung trtarik bgt…soalnya banyak nyeritain kmpung halamanku..(pngalengan)aida jg tinggal dekekt bgt dgn situ cileunca….aida pingin skripsi tntang pangalengan kira2 tema yg baguzz apa ya???mkasih….

  9. Punten aida juga kbetulan bapak punya peternakan sapi perah di pangalengan….tapi aida ….ga kpikiran nyari tentang sejarahnya…. wah keren…..

  10. @aida
    Jigana seueur tema nu tiasa dijantenkeun bahan kangge skripsi, mung upami nyakut sareng sejarah, kedah langkung sueuer sumber anu valid, tiasa catetan lama tanapi interview sareng jalmi2x anu kantos ngalaman tema nu dibahas ku aida.

    Salam ka bapak

  11. Ass…
    kang punten mau tanya,punya buku2 tentang sejarah KPBS ga??coz saya insya Alloh mau skripsi tentang itu.Hatur nuhun sateu acana

  12. @aida
    Ngak punya tuh.. kayaknya aida mesti langsung deh ke KPBS nya, kali aja mereka punya dokumentasi

  13. Ass…
    kang,,, punya dta or artikel ttng permodalan dan keuangan KPBS ga?

  14. @dhyna
    wah… ngak punya tuh, coba aja datang lansung ke KPBS nya

  15. Kang, punya artikel / langkah cara berbisnis susu ( tender susu ) yang cemerlang, atau punya ide ga, cara yang baik untuk kedua belah pihak unutk tender susu * pengiriman susu *

  16. jadi peternakan yang menggurita nih.

  17. luar biasa nya kang…….
    upami maos sejarah baheula sok asa wararaas, jeung muringkak bulu punduk.
    Dina emutan simkuring. naha bet kaayaan urang Indonesia khususna Bandung (Penduduk Asli na nya kade pahili) asa teu aya ronjatan nana. masih keneh we mung ukur janten kuli.
    Padahal, upami diemutan mah, ti bangsa Walada teh aya oge nu baris dipulungan elmuna…. HARTUR NUHUN

  18. Van HAm terynta Lelaki Bule yang terlupakan karena selama ini kita hanya tahu Bosscha aja,,
    hatur Nuhun kang

  19. Wah saluut kang,,,saya oge mun leburan pasti sok ka pangalengan..Saya di banjarana,, ayna kerja di depok…kamari pas libur saya traveller ka pangalengan, tepatnya ke pabrik junghuhn n ka peternak sapi di sekitar cileunca… sempet2 ngbrol oge eta jeung nu gaduh sapi,, si nu bgaduh ngutarakeun, yen mun susu di ical ka KPBS, harga standarna sekitar 3300/liter,,,harga terendah 255/liter, upami harga tertinggi 5500/liter… hargana bisa beda gitu teh kusabab kualitas sapi atau susuna,,upami sapina kurus, bisa jadi harga susu jadi turun..

    DI tempat lain, aya oge peternakan ALBA, nu gaduhna cenah orang asing.. Janten anjeuna teh nernakeun sapi ka para warga,,bahan pakannya pun terbilang modern, siga roti, telur dan jagung. Peternakan ALBA eta ge cenah susuna teu di ical ka kpbs, lantaran, anjeuna langsung memproduksi hasil susu eta

  20. wah headernya jadul banget ya jadi inget masa dulu … hemmmmmmmmmmmmmmm

  21. aslm
    kang maaf saya mau tanya alamat peternakan susu di daerah pengalengan,saya dari sekolah SD IT ALBINA PURWAKARTA berencana mengunjungi daearah peternakan susu dan melihat hasil produksinya,maksudnya meninjau hasil olahannya.tapi saya bingung mencari tempatnya.bisa minta bantuannya kang..terimakasih

  22. de groot paula

    Johan Gerrit van Ham schijnt 2 dochters en 2 zonen gehad te hebben.
    Kan iemand mij hun namen geven? Het kan zijn dat 1 van de zonen de vader van mijn grootvader is geweest. Mijn grootvader was Cornelius(Cornelis) Louis Joseph van Ham getrouwd met de indonesische vrouw Fasmilah.

    Mijn hartelijke dank voor de moeite.

    Paula de Groot

  23. Denny N Soehardjadinata

    Aduh2 karunya teuing teu kawaler basa Walanda mah nya………,cobi waler kang “om Dien” ku basana pangeran Charles we atuh………hixhixhix !!

  24. @rita : ada baiknya datang langsung ke pangalengan, banyak kok, baik yang rumahan, atau peternakan bisa ditemui disana

  25. @Paula de Groot:
    Sedikit sekali informasi yang bisa saya dapat, ada beberapa keturunnannya yang sekarang saya tidak yakin masih ada atau sudah meninggal, termasuk buyut dari sepupu saya yang pernah ditemui.
    mohon maaf saya belum bisa memberikan informasi yang memuaskan

  26. @Denny N Soehardjadinata :
    ngartis si kang, mung ngawalerna rada ngahuleng heula🙂, akhir na ngange bahasa lokal wae (letter B)

  27. @ Mega Nugraha :
    Hatur nuhun kang informasi na

  28. Denny N Soehardjadinata

    Om Dien, bilih bade nyerat dina Majalah KARSA, perkawis naon wae diantos pisan……,alhamdulillah tos bade sataun yeuh majalah teh. Pimpinan Umumna Kang Burhan, Pimpinan Perusahaan Kang Tika, duanana oge apan ti Pangalengan, Hayu ach…….!! Website :majalahkarsa.com

  29. Manawi aya info mengenai Willem Hermannus Hoogland ?…kumargi deskripsi van Ham di atas adalah data pribadi WH. Hoogland, pendiri NV. Almanaak yang juga mempunyai Dennish Bank, Kebun Binatang Bandung, dan tercatatpula sebagai ketua Bandoeng Vooruit….cmiiw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s