Carl Ernest Otto Kuntje, Inspirasi sumber kehidupan

“Air adalah sumber kehidupan bagi manusia, apa jadinya hidup manusia tanpa air, kering kerontang tak bernyawa.”

Dalam perjalanan menuju menuju pusat pembangkit listrik tenaga panas bumi “Wayang Windu”, Bapak menujuk sebuah danau kecil bernama Kinceuh, danau sumber mata air bagi masyarakat Kertamanah. Menurut Bapak, Kinceh diambil dari nama seorang Belanda yang pernah tinggal di Kertamanah. Ada rasa penasaran pada waktu itu, siapa sebenarnya Kinceuh, mengapa sampai dijadikan nama sumber mata air tersebut?. Sempat googling di internet dengan keyword “kinceuh“, tidak ada satu link pun yang merujuk ke nama itu.

Setelah mencoba berbagai keyword di Google, tersingkaplah misteri itu. Adalah seseoran bernama Carl Ernest Otto Kuntze, ahli botani kelahiran Lepzig Jerman pada tahun 1843. Mengumpulkan segala jenis tumbuhan adalah hobby nya, sehingga ia rela keliling dunia pada periode 1874-1876. Ketertarikannya dengan tanaman kina yang dikembangkan oleh FW Junghuhn, membuat nya sempat singgah di Pangalengan dan Cinyiruan sekitar tahun 1875. Dari kunjungan di Pangalengan, bahan penelitiannya dijadikan thesis berjudul “Monographie der Gattung Cinchona”, yang merupakan rujukan peneliti kina di seluruh dunia.

Acungan dua jempol kepada orang yang memberi nama danau sumber mata air itu Kinceuh. Sebagai sebuah philosofi bahwa karya Otto Kuntze menyumbangkan sebuah pencerahan untuk perkembangan Ilmu Botani di bumi ini.

3 responses to “Carl Ernest Otto Kuntje, Inspirasi sumber kehidupan

  1. tuh kan.. Selamat siang dulu kang Dien..
    Dah lama ga masuk ke blog ini ternyata banyak hal2 yang baru saya tahu..
    Saya juga baru tahu soal danau kinceuh itu..
    God bless

  2. kang abdi mah hoyong terang sejarah nami “Pangalengan” ????

  3. Denny N Soehardjadinata

    Wah…wah…..,membanggakan pioneer muda yg berusaha membuka tabir sejarah Bandung, khususnya Pangalengan, acung jempol buat Oom Dien !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s