Korps baru

Kementrian Kelautan dan Perikanan merupakan suatu departemen baru dalam pemerintahan Republik Indonesia, terbentuk tahun 1999 pada masa Presiden Abdurrahman Wahid. Departemen ini dirasa perlu karena Sektor kelautan dapat dikatakan hampir tak tersentuh, meski kenyataannya sumber daya kelautan dan perikanan yang dimiliki oleh Indonesia sangat beragam, baik jenis dan potensinya (sumber: sejarah KKP)

Lebih tepat disebut korps baru bagi saya dibanding kata “Almamater”, karena kata yang disebut terakhir lebih cocok untuk sekolah atau tempat kuliah, sedangkan sekarang berada di sebuah instansi pemerintah. Kementrian Kelautan dan perikanan adalah korps baru bagi saya. Stasiun Karantina Ikan Kelas II Merak Banten merupakan UPT tempat dinasnya, suatu UPT naungan PUSKARI dibawah SETJEN.Logo Karantina Ikan

Dunia baru ini merupakan hal yang baru bagi saya, banyak istilah birokrasi dan perikanan yang tidak saya ketahui sebelumnya. Ditambah lagi dengan logo yang dimiliki PUSKARI, sampai sekarang belum ada arti atau penjelasan mengenai simbol tersebut. Sistem komputerisasi Karantina Ikan Online atau disingkat SISTER KAROLINE merupakan system komputerisasi entry data yang harus dipelajari, baik dari sisi operasiaonal maupun struktur data. Sistem Kepegawaian atau SIMPEG juga merupakan lahan baru yang harus saya garap.

Maintenance jaringan komputer, troubelshooting, installasi system juga menjadi job baru, perlu merefresh ulang kemampuan tersebut karena sudah terlalu lama (hampir 6 tahun) tidak begitu concern terhadap job tersebut, selama 6 tahun terakhir lebih konsentrasi pada programming.

Semua itu, hanya waktu lah yang dapat memahami semua hal baru yang dihadapi saat ini,  semoga saya memiliki kemampuan untuk memahami itu semua.

One response to “Korps baru

  1. Saya sangat tertarik sama blog ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, terutama petrnak
    baru seperti saya. Saya baru 2 tahun ternak kelinci khusus Newzeland Red, sekarang baru punya sekitar 100 ekor. Cont : 081393055667

Tinggalkan Balasan

