Ternak Kelinci

Boleh dibilang ini adalah salah satu mahluk terlucu yang diciptakan Tuhan, jinak dan bulunya halus. “Kelinci” namanya. Siapa yang tak kenal kelinci ? (kenalan dulu gih….) yang memiliki banyak manfaat seperti dagingnya Yummi…!!! uenak buanget ma nyos deh pokok nya… , menurut penelitian para ahli selain dagingnya empuk juga rendah kolesterol, bisa digoreng, dibakar, dan yang lagi trend tentunya “sate kelinci”.

Asal mula kelinci diperkirakan berasal dari daerah Amerika Selatan, dibawa ke Indonesia pada zaman Kolonial Belanda. Ada banyak macam type kelinci, diantaranya Rex America, Dwarf, English Spot, Dutch, jersey wolley, harley queen. Ada 72 jenis kelinci hias dan potong, sekitar 50 jenis di antaranya terdapat di Indonesia (Republika.co.id) .

Aku memelihara kelinci sejak SD, menyiapkan kandang, mencari bibit dan rutin menyabit rumput untuk makan kelinci, biasanya di pematang kebun, selokan, atau memungut potongan-potongan daun kol yang bisa diambil sewaktu ada yang panen. khusus untuk ternak ini rumput yg harus dicari dipilih agar tidak memnyebabkan kelinci mati, biasa nya rumput-rumput halus, muda dan mudah untuk dicerna, hindari dari perstisida, karena bisa menyebabkan kelinci keracunan.

Teman seperjuangan pencaari rumput adalah kakak ku sendiri (Diat) dan sobat ku dari kecil namanya Aek (mirip klub sepakbola dari Yunani). Pengalaman yang paling berkesan waktu itu lagi malas mencari rumput dipaksa oleh ibu supaya tetap mencarinya, dengan hati dongkol aku berangkat juga walaupun cuaca waktu itu hujann… brr… kedinginan deh. Seusia sekarang, baru terpikir… hm.. manfaat mememlihara kelinci, melatih kita untuk bertanggung jawab, sebab harus konsisten memelihara ternak. Walhasil sampai sekarang aku begitu interest jika melihat rumput yg hijau dimanapun berada, bawaan nya pengen nyabit rumput :) Duasar………

Makin kesini bosan juga, akhirnya karena tidak dirawat kelincinya mati, dipotong dan dijual. Terakhir sewaktu pulang ke Pangalengan kakak, dan Ua lagi serius menggeluti ternak ini, membentuk suatu kelompok peternak yang nantinya akan di danai oleh PT. Star Energy sebagai donatur.

About these ads

242 responses to “Ternak Kelinci

  1. Kelinci emang lucu… dulu waktu kecil juga pernah beberapa kali piara, tapi gak pernah awet karena males kasih makan & ngerawatnya.

    Satenya emang enak sih.. dulu waktu masih di Surabaya, pernah beberapa kali makan sate kelinci. Cuman kalo motong kelinci piaraan buat di sate, kayaknya gak tega deh.. abis doi kan imut banget.. haha.. :D

    Wah.. bisnis kelincinya kayaknya serius tuh.. dah ada donaturnya lagi. Pasti kelincinya dah banyak. Boleh donk kalo kapan2x main ke sana di suguhi sate kelinci.. :D

  2. Halllo Bung
    Saya mau tanya nih :1. Makanan kelinci selain rumput, wortel n kangkung apa aja sih yang bisa buat tuh kelinci gemuk/tumbuh gede
    2. Brapa lama sih kelinci tuhjadi bisa gemuk/gede dari anak misalnya?
    3. Tempat ternak sabaiknya yang terbuka/tertutp sih?
    4. Trus kalo kelinci tuh pada sakit, solusinya apa dan gimana yaa?
    5. Kalo kelinci tuh pake vitamin orobat apa ga untuk nambah gedenya?
    6. Pada suhu brapa sih idealnya untuk lingkungan kelinci?
    Dah segitu aja pertanyaan dari saya, mohon dibalas ya karena saya pengen ternak kelinci tapi belum tau banyak nih Please dibalas yaaa

  3. @riyadi kh

    buat mas Riyadi, ditunggu pisan… kapan ke Pangalengan, ditunggu kelinci bakar dan sate kelinci :)

    @didi

    Mas didi … detail nya aku lupa lagi tapi kurang lebih seperti ini
    1. Makanan kelinci selain rumput, wortel n kangkung apa aja sih yang bisa buat tuh kelinci gemuk/tumbuh gede
    Selain makanan yang mas sebutkan di atas, biasa nya aku berikan selingan makan dari dedak (gabah kering giling)
    2. Brapa lama sih kelinci tuhjadi bisa gemuk/gede dari anak misalnya?
    Klo perawatan nya intensif sih sekitar 5-6 bulan tuh kelinci udah lumayan gede, udah bisa dipotong, tapi kapan tuh kelinci bisa jadi bibit aku sendiri lupa lagi, ntar mo ditanyain dulu ke kakak ku ya… :)
    3. Tempat ternak sabaiknya yang terbuka/tertutp sih?
    Di tempatku tertutup mas, pake kandang, dengan pertimabangan keamanan, because jika disimpan di tempat terbuka… banyak pemangsa nya, ada kucing garong atau anjing liar
    4. Trus kalo kelinci tuh pada sakit, solusinya apa dan gimana yaa?
    Biasanya kami karantina, jauhkan dari teman-teman nya biar ngak menular, klo kelihatan makin parah ya buru2x dipotong, sekarang udah ada vaksinasinya kok… info lebih lanjut… ditunggu ya
    5. Kalo kelinci tuh pake vitamin orobat apa ga untuk nambah gedenya?
    Mungkin ada, tapi kami biasa pake perawatan alamiah aja, ngak pake doping2xan.. kuatir nanti nasibnya sama dengan ayam broiler.. dipaksa gede :(
    6. Pada suhu brapa sih idealnya untuk lingkungan kelinci?
    Semua suhu bisa hidup kok… asal jangan terlalu panas aja. terkecuali klo tu kelinci pindah tempat dari iklim yang berbeda, tu kelinci pasti shock, perlu beradaptasi dengan iklim baru… tapi sangat jarang (jika ada pembelian bibit dari luar negeri)

    That’s All
    klo dirasa masih kurang, ntara tanya lagi ya… aku juga sambil cari-cari info ke Kakak ku, soalnya metoda perawatan sekarang mungkin berbeda dengan metoda waktu aku masih kecil

    Thanks

  4. saya puguh ingin staff manajemen lsm pemberdayaan
    1. dimana saya bisa membeli bibit kelinci?
    2. berapa harganya?
    3. perusahaan mana yang mau bekerja sama mengembangkan perternakan kelinci bersama masyarakat?
    boleh informasi dikirim ke email saya

  5. @ puguh p.p

    Ternyata tulisan “Ternak Kelinci” paling banyak respon nya dari pembaca blog aku, mungkin ada perlunya untuk menulis khusus cara beternak kelinci berikut tips dan trik nya. Ok tulisan berikutnya saya rencanakan khusus membahas kelinci. Atau yang berminat bisa baca-baca di tempat Farid Ibrahim, beliau spesifik mebahas kelinci di blognya atau disini.

    pak puguh tinggal di daerah mana, aku bisa sediakan bibit atau anak kelinci di daerah ku (sekitar Pangalengan dan Lembang), itu pun dijemput di tempat, aku hanya menyediakan kelinci dan media packing nya. Untuk harga bisa nego, yang jelas tidak terlalu mahal kok, contoh nya seekor anak kelinci berumur sekitar 1 bulan dihargai 20 -10 ribu saja, tergantung jenis nya.

    aku ngak tahu perusahaan mana saja yang mau menjadi perusahaan asuh peternak kelinci, PT. Star Energy sebuah perusahan Energi yang mengelola proyek Pembangkit Listrik tenaga Panas bumi di Pangalengan (Wayang Windu Geothermal Project). Dalam internal perusahaan itu ada sebuah budget khusus untuk pengabdian kepada masyarakat sekitar (terbatas di lingkungan tempat perusahaan tersebut berada), mereka berpikir bagaimana caranya supaya dana tersebut produktif dan tidak mubadzir, sehingga dana tersebut diberikan kepada unit-unit usaha kecil melalui koperasi. Salah satunya adalah kelompok peternakan kelinci yang pernah aku ceritakan.

    • ass,
      ikut nimbrung mas… kalo harga anakan kelinci jenis flemis giant umur 3 bulanan harga berapa? aku tinggal di daerah solo…
      terus tolong gambar design kandang untuk pembesaran, melahirkan, dan perawatan anaknya di jelaskan. ato di kirim ke emailku: khoiruzzahra@gmail.com… suwun….

  6. saya juga lagi ternak kelinci, di sleman juga ada paguyuban peternaknya. Nyari kelinci di daerah sleman banyak juga kok. untuk info cara beternak kelinci buka saja info bisnis warintek di internet. Ini no Hp saya kalo tertarik beli kelinci :08170403109

    • Aswrwb., Salam kenal, Saya mahi beli bibit kelinci, tapi adanya agak jauh ya, antara lain Bandung atau di daerah Jatim. Pertanyaan saya bgmn caranya mengirim kelinci? Bgmn spy tdk mati dlm perjalanan? Trims

  7. @ shinta
    Terima kasih atas info nya, jadi muncul ide, gimana jika ternak kelinci ini dijadikan bisnis yang kuat dan profesional. Pelu suatu wadah untuk mengayomi dan mengelola kelompok peternak, mencari pasar dan memanage nya. This is just an idea…

  8. aku baru ternak kelinci 1,5 bulan. sekarang beranak 9 ekor.oleh karena kandang bagian bawah terbuat dari kawat ram maka, anak2 aku taruh di atas kerdus dengan ketinggian 7 cm. agar anak lebih nyaman dan diberi kain diatas kerdus tersebut. apa cara ini lebih baik soalnya kasian kalau anak kelinci yang masih cindil berada diatas kawat ram tersebut. mohon belikan komentar secepatnya karena ini pengalaman pertama ternak kelinci. demoestofa@yahoo.com

  9. @ mustofa
    gpp mas disimpan di atas ram kawat juga, tapi tetap mesti pake alas, biasanya rumput kering, atau jerami. setelah itu ganti alas nya minimal 2 hari sekali, karena jika dibiarkan akan lembab dan busuk oleh kototan dan air kencing nya. Berapapun ketinggaian dari permukaan tanah ngak masalah, asal terhindar dari jangkauwan binatang pemangsa tentunya.

  10. saya sdh beternak kelinci sdh lama tp saya hanya pelihara 50 ekor dan indukannya 5. saya ingin mengembangkan lenih banyak lagi tp bermasalahnya di pakan. kalo pakannya tanpa hijauan ato rumput, apa alternatifnya?? karena klo hanya dengan konsentrat, indukan yg sedang menyusui menjadi kurus……… makasih banyak….

  11. huy,,,

    ak mw tny ne,,,

    kelinci tu bs cpt gendut dikasi maem pa y?
    trs ak puny ak kelinci dia terlalu bny makan,pa tu g pa2???
    knp klinci lebih seneng ditmpt yg dingin ketimbang di tmpat yg laen,,,
    pa ja makan klinci yg bs buat dia maem trus,, :) hiks,,,

    bls yaw ak tunggu lho…

  12. @ Novi Nugroho
    Susah juga ya klo kesulitan mencari rumput, apalagi di kota besar mungkin sudah jarang rumput liar, jadi perawatan nya tidak semurah di daerah yang notabene masih banyak rumput liar nya. Tapi mas tinggal di daerah mana dulu?
    Mungkin bisa beli kangkung, tapi jelek juga denk… katanya kangkung mengandung gas, jadi kelinci nya gampang kembung. Klo ngak dikasih wortel deh… cari ke pasar induk, ngak usah yang bagus, cari yang apkiran supaya harganya murah. Biar ngak boros dikombinasi dengan dedak.
    Masalah timbul jika kelinci nya sudah banyak, makan akan makin banyak pula kita ngasih makanan. Ada baiknya jika udah over kelinci nya dijual saja sebagain, uang hasil penjulanan itu bisa dijadikan modal selanjutnya.

    @winda
    kelinci tu bs cpt gendut dikasi maem pa y?
    dikasih makan yang standard aja, rumput muda atau yang halus.. udah bisa gemuk kok…
    knp klinci lebih seneng ditmpt yg dingin ketimbang di tmpat yg laen,,,
    klo yang ini aku ngak bisa jawab… perlu ada penelitian khusus, yang jelas ditempatku juga dingin, klo pagi suhu rata2x bisa nyampe 11 derajat celcius.
    pa ja makan klinci yg bs buat dia maem trus,,
    kelinci itu type binatang yang suka ngemil… sepanjang diberi makan… dia akan makan terus. Tentunya makanan yg disenangi dia. Di tempat ku ada rumput liar yang beranama Galinggang, kelinci demen sekali makan rumput ini. Terus ada yang namanya Sintrong, kelinci suka sekali.

  13. feni mau tanya, tolong dijawab ya? di deket rumah kan ga da rumput, jadi slama ini si ciko kukasih kangkung and wortel doank. tapi ciko malah lebih suka kangkung, kenapa ya? truz ada yang bilang kalo kelinci tuh ga usah dikasih minum, pa bener? ciko ga terlalu lincah, gimana caranya biar dia lincah and akrab ma kita? yang terakhir, pup-nya kelinci yang sehat tuh kering ato basah? ups skali lagi yah, kalo kelinci sakit tandanya apa? trus harus digimanain? pliz dijawab ya, coz feni baru 3 hari melihara ciko. thanks thanks……..

  14. @feni
    hallo feni, salam elus buat ciko nya, si ciko lebih suka kangkung mungkin karena makan nya ngak terlalu susah, dibandingkan dengan wortel yang agak sulit di “emut”. Saran aku mendingan jangan terlalu banyak dikasih kagkung, kata ahlinya kangkung mengandung banyak gas, bisa bikin ciko kembung. Yup, emang kelinci ngak usah dikasih minum, cairan yang dibutuhkan kelinci mestinya udah include dalam makanannya. tapi klo sering dikasih makanan kering, mendingan kasih minum aja.
    Siciko ngak lincah… belom aja… baru tiga hari khan.. ntar juga membiasakan diri, makin akrab sama pemiliknya.
    Last Think… pup kelinci tuh idealnya hitam lonjong dan agak basah, trus klo sakit biasanya yang asalnya lincah jadi pendiam, yang rentan tuh kelinci kadang diserang penyakit kulit, borok dan korengan. Sekarang udah ada vaksinasi nya kok fen…

  15. oh yah mau nanya gimana cara ngobati kelinci yg sakit dan ada obatnya gk

  16. Saya sedang mengembangka ternak kelinci , saya mau tanya sbb:
    1. Selain makanan basah , bagus gak kelinci diberi makanan kering / pelet khususu kelinci .
    dimana saya bisa mendapatkan pelet tersebut.
    2. Dimana untuk mencari bibit unggul kelinci
    3. Mengenai pemasaran kelinci dimana

    Terima kasih infonya
    ttd
    Suryadi

    Cangkreplor Rt 02 /Rw 05 No. 20 Purworejo Jawa Tengah

  17. hallo mas suryadi? pa kabar? ngomong2 banyak ga nih ternaknya? sy di kutoarjo.

  18. say penjual dan peternak pemula kelinci hias jenis loop, rex, anggora dan australia. dimana saya bisa mencari kelinci anakan yang berumur 1 bulan (max) dalam jumlah besar? dan perkiraan harga? Mada Sukabumi, Yogyakarta 081.579.579.00

  19. @ melda
    klo kelinci rumahan (piaraan) mendingan dibawa ke dokter hewan aja, tentunya dokter lebih tahu obatnya :) .

    @ suryadi
    Selain makanan basah , bagus gak kelinci diberi makanan kering / pelet khususu kelinci .
    dimana saya bisa mendapatkan pelet tersebut

    kelinci bisa juga diberi makanan kering, tentunya diberi minum juga biar ngak keselek :) . simpan saja air dalam wadah kecil dekat makanan kering. Mas bisa cari di toko pakan hewan, mestinya ada yang jualan.
    Dimana untuk mencari bibit unggul kelinci
    Klo di daerah Purworejo atau Jawa Tengah saya tidak tahu, saya hanya bisa merujuk daerah sekitar Bandung (Lembang, Pangalengan dan Ciwidey)
    Mengenai pemasaran kelinci dimana
    pemasaran bisa dilakukan dalam partai besar, biasanya klo orang udah tahu lokasi kita dia datang. Bisa juga ditawarkan ke restoran yang ada menu kelincinya. Atau alternatifnya mas bisa jualan di tempat wisata, di daerah kami biasanya pada hari libur orang-orang pada lari pagi, kami nongkrong di pinggir jalan jualan anak kelinci, lumayan.

    @ sogex
    Hallo mas, salam kenal… wah jadi banyak kenalan nih peminat kelinci..

    @ mada subakti
    seperti yang sudah saya bilang ke mas suryadi dan mas puguh, saya hanya bisa merujuk daerah sekitar Bandung (lembang, Pangalengan dan Ciwidey), disana saya bisa carikan bibit yang bagus dan unggul. Klo daerah mas saya tidak tahu, mungkin ada pembaca yang tahu?? bisa berikan komen disini!

  20. Ping-balik: Ternak Kelinci Bisa Menghasilkan Devisa « Catatan Ide

  21. sapa yang mau cari anakan kelinci???

    saya tau peternak kelinci. dia berada di desa krangkeng kecamatan getasan kab. semarang

    mengenai harga bervareasi, untuk kelinci anakan jenis australia Rp 25.000 sampe 35.000 per ekor. stock sangat banyak.untuk jenis australia umur 5 bulan Rp 150.000 per ekor. untuk jenis rex, lion, anggora harganya lebih mahal.

    saya sendiri juga peternak tapi masih skala kecil2 an, maklum terbatasnya beaya..he..he..he..

    alamat saya :
    ds, klero kec.tengaran. kab semarang 081325328665

  22. @ slamet
    Terima Kasih Mas Slamet, info Mas bisa dijadikan rujukan untuk rekan-rekan yang memerlukan kelinci di Jawa Tengah. Ayo… siapa mo beli ????

  23. pagi semua….

    tadi malem sy dapet sms dari erwin pekalongan, itu siapa ya? apa omdien ini mas erwin kali ya?

    untuk yg deket2 daerah salatiga saya py kelinci anakan siap jual (umur 50 hari) 14 ekor, tapi klo ada butuh yg skala banyak saya bisa bantu carikan.

    salam kuping panjang

  24. @ slamet
    Wah bukan saya mas, saya ngak punya identitas ganda :) . Mungkin rekan-rekan yang membaca no hp mas slamet dari blog ini, wah.. lumayan tuh, info tambahan buat yang hunting kelinci.

  25. to : omdien

    sory mas kirain anda……he..he..he..

    hayo kita galakkan ternak kelinci tuk memenuhi kebutuhan protein hewani.

    moga2 nanti pemerintah juga ikut bantu dana buat kita2
    ngembangin ternak hewan lucu ini……..

  26. Mlm semua,salam kenal.Sy udh pnya kelinci tp bobotny cman 3kg.dimana ya saya bisa dapetin bibit yg gede,yg ga jauh2 dari Pekalongan???

  27. met siang mas, mas tolong bantuin bagaimana mengatr perkawinan kalo saya punya 30 induk n bisa tiap bulan ada pemasukan / manajemennya. klo 30 induk itu kira2 1 bulan dapat pemasukan berapa y ? sbelumnya sata icapkan reima kasih

  28. malam,,,

    salam kenal semua,,
    saya salah satu pecinta binantang “kelinci”,,,,,,awalnya saya hanya iseng karna kelucuan yang ada pada seekor kelinci, tapi setelah saya perhatikan perkembangan kelinci sangatlah pesat, boleh dibilang 1 bulan melahirkan, jadi klo saya punya 10 induk dan setiap induk melahirkan 8 ekor maka tiap bulan 80 ekor,
    jadi kalo boleh berbagi info nich,,,gimana dan dimana sich pemasaran kelinci tersebut…??? kira2 per ekor berapa ya klo di jual…( jenis plam ato anggora )….???

  29. mas suryadi bagaima supaya klinci nurut ma kita? mhn jawabannya ya. Thx

  30. saudara2ku pencinta klinci, mo tanya donk, bagai mana supaya klinci nurut sama kita. mhn jawabanya ya?. thx…

  31. bagi penggemar kelinci, silahkan join di milis kelincihias, satu2nya milis yg fokus mengenai dunia kelinci.

    klik dan join : http://pets.groups.yahoo.com/group/kelincihias/

    thanks

  32. saudara ku yg baik, tlng donk gmn sih cara memelihara klinci supaya nurut sama kita. tlng donk ksh thu……..atas infonya tx

  33. @ maman, @ cepy
    gimana ya… ??? :( ada yang tahu ???

    @meletekdewek
    terima kasih atas masukannya

  34. ada apa om dien? ada yg bisa di bantu?

  35. omdien, kalau ada yg bisa aku bantu tlp aja. : 081511004444 atau e-mail ke suraz_man@yahoo.com

  36. sory om dien e-mail aku suraz_man@yahoo.co.id. oh iya untk temen2 pencinta klinci kita adain acara yuk, ya… kumpul2 aja. sapa tahu bisa berbagi cerita & bertambah persahabatan ok. thx

  37. Salam kenal,

    sy punya niat ingin merintis beternak kelinci, namun pengetahuan untuk kearah sana bener2x nol besar. Tolong bantu sy untuk memberikan informasinya mengenai;
    1. Mencari bibit ungul kelinci ( kriteria/ciri-ciri dari kelinci)
    2. Membuat kandang yang memenuhi persyaratan.
    3. Cara memberi pakan.
    4. Menjaga kesehatan ternak.

    Tolong semua pertanyaan saya ini bisa di jawab agar sy bisa memulai untuk merintis ternak kelinci ini.

    Thank’s

  38. mas awan aku bisa ksh informasi dri 2 & 3. kalau klinci peliharanya di rumah, membuat kandang klinci di usahakan kandangnya terbuat dri besi & terbuka ya seperti kandang anjing, terus bawahnya di kasih alas, supaya kaki klinci ga sakit & ada tempat untuk istirahat. untuk makanan klinci: klinci yg mash kecil sebaiknya di kash wortel & jgn di kash minum, krn wortel sdh mengandung air. jika sudah umur 2 blnan makananya blh di ksh pur. jika makannya kering klinci harus di ksh minum. untuk info yg lainya minta aja saran sama omdien, sepertinya beliau pakar klinci.

  39. Salam kenal,

    Seru..seru…makin rame obrolannya. Ternyata penggemar kelinci buanyak juga.
    Sama dengan pertanyaan mas hadi soal pemasaran, aku juga bingung mo dipasarkan kemana ya kelinci2 australiaku yang sudah beranak pinak ini. Sekarang dah makin banyak nih. Dari 8 indukan, sekarang dah jadi 40. Lahan buat kandang makin sempit, kantong makin tipis buat beliin pakannya. Adakah yang bisa membantu?
    Ide ketemuan, kumpul buat talking2 si kuping panjang sepertinya cukup menarik (@ cepy), mo dtindaklanjuti?

  40. @ ary
    iya.. nih mas, padahal ilmu ku tentang perkelincian minim banget, yuk sharing bagi siapa saja yang mumpuni tentang per-kelinci-an, bisa tolong komentar disini, anggap saja saya sebagai penyedia media :) .

    ketemuan, ayo… sekalian ajang tukaran informasi, ada baiknya kita rencanakan kampanye “Makan Sehat Dengan Kelinci”, kali aja dapat mendongkrak penjulan kelinci, tul ngak ???

  41. om kasih tau bibit unggulan kelinci yang jngan kmhalen hehe eh ku dikasih referensi tentang kelinci yang bagus n cara ternake gmana yg baik y…….ku nak PWT hehe slam kenal

  42. Untuk mas semua pecinta/peternak kelinci,

    Saya ada rencana hari Minngu ini tgl 28-10-2007 mau nyari bibit unggul kelinci sambil lihat peternakan kelinci dan tanya2x.
    Kira-kira harus kemana saya pergi berkunjung, mohon minta informasinya.

    Thank’s

  43. ada yang tau alamat jelasnya yang jual bibit kelinci yang bagus di pangalengan, lembang atau ciwidey? aku dah nyari ketiga tempat tp nga nemu jg rada susah? ada yang bisa bantu nga. aku jg butuh banyak bibit nih dari semua jenis kelinci

  44. @awan tea
    Posisi kang awan di mana?, kali aja ada teman-teman di dekat kang awan yang bisa kasih info!!!

    @ben
    di Pangalengan bisa saya tunjukin, kontak saya di 081808509669 atau omdien@omdien-online.web.id

  45. @Omdien
    kalo sabtu atau minggu omdien bisa atau ada waktu luangnya jam berapa? ohh pak, kira-kira tau ngaa harga pasaran induk flam? oh pak tau ngga katanya mau ada kontes kelinci, tp aku nga tau ada dimana.

  46. Numpang nimbrung ya…
    Saya sangat berminat memasarkan anak-anak kelinci hias di sekitar Jakarta . Kalau rekan-rekan ada yang punya anakan, mungkin kita bisa rintis untuk kerjasama dalam pemasaran. Kalau ada yang berminat dapat menghubungi saya Yudi Sastro, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jakarta, Jl. Ragunan No. 30 Pasar Minggu Jakarta Selatan (hp.081310404206)

  47. @ awan
    anda bisa kontak Bapak Ading Sunjaya, HP. 0818218454
    alamat nya sekarang sudah ganti, tapi nama kampungnya citere hilir

    @ ben
    sambtu minggu saya ada di purwakarta, klo mau bisa janjian kita jalan-jalan ke pangalengan cari kelinci.
    harga pasaran induk flam, ngak tau juga, ada yg tahu ?

    @ yudi
    tks atas info nya

  48. @ omdien
    Bpk omdien bkn orang pengalengan asli? tar klo kita janjian hari sabtu minggu takut jd ngeganggu acara bapak. saya kira bapak orang pengalengan. Tp nanti lah saya kontak lagi. tanks ya pak.

  49. thank’s atas informasinya omdien

  50. WINDI SEPTIARANI ADJUK

    saya juga peternak kelinci anggora…. saya berada di pekanbaru. saat ini saya sedang mencari kelinci anggora betina yang berumur sekitar 8 bulan…. dalam keadaan sehat dan bule…alias bulu lebat…
    KALO BISA YANG JUAL BERADA DI PEKANBARU JUGA AGAR SAAT TRANSAKSI KELINCINYA TIDAK MESTI DI KIRIM DARI JAUH/LUAR KOTA,,,,, KASIAN KELINCINYA DUNKS….

  51. Dear All,

    ternyata seru juga perbincangan tentang mahluk lucu yang bernama kelinci ini. Apalagi untuk mempopulerkan kelinci sebagai makanan pengganti ayam dan buat hiburan..

    @ omdien
    Kalo bisa minta rekomendasi ya mas. Kepengen juga lihat ke pengalengan, untuk beli bibit kelinci. Ada rencana bareng temen2 buat peternakan kelinci tapi blom punya pengalaman sama sekali. Siapa tau bisa nanya2 sama omdien nigh.

    Buat temen2 yang laen boleh juga kalo punya informasi mengenai biit kelinci pedaging yang bagus. email ke:gprastudya@yahoo.com. Kebetulan saya tinggal di Ragunan [ Jakarta Selatan]

    Salama Kelinci!!!!!

  52. @ ben
    saya lahir di pangalengan, gede di pangalengan, i love pangalengan, explore pangalengan :). sekarang berdomisili di purwakarta, kerja di jakarta, jadi rada ketinggalan tentang perkembangan kelinci. tapi masih sering ke pangalengan kok, mengikuti perkembangan peternakan kelinci kakak ku.
    kakak ku lebih interest ke kelinci hias, padahal yang lagi trend sekarang tuh kelinci potong (pedaging) sebagai alternatif ayam dengan kasus flu burung nya dan sapi dengan isu penyakit kuku dan mulut, antrhax dan tentu saja M..A..H..A..L..
    terakhir ke sana (30 Oktober 2007) lagi dibuat buat kandang baru untuk kelinci pedaging. menurutnya dia telah nemuin pasar penjualannya, terutama ke restoran2x di kota besar seperti bandung dan jakarta.

  53. lam kenal
    mo tanya, di purwokerto ada gak peternakan kelinci? yang tau tlng callme di 081327531943
    aku punya kelinci, tp kok jarang mau makan hijauan? kenapa ya?
    maunya makan dedak/jagung terus.

  54. hallo para penggemar kelinci, saya mo tny nih saya tinggal di lereng merapi merbabu , juga melihara kelinci juga, awalnya sih gmpang buat masarin tetapi skarang saya bingung kalo di daerah magelang , solo, ataupun sala 3, kemana ya saya bisa jual; kelinci,,, thanks , tolong kalo tau ke email saya ja ya,,,,

  55. w_indi septiarani

    rahmat….saya penggemar kelinci anggora…saya didaerah riau… udah 3 buan terakhir saya mencari infrmasi tentang yang jual kellllinci anggora betina… tapi udah dicari kemana-mana tapi g’ dapat… jadi knapa g’ coba pasarin ke Pekanbaru??? jauh sih…tapi masyarakat pekanbaru kan suka juga dengan klinci anggora. buan april au ada yang jua keinci anggora tapi udah pindah kejawa…jadi g’ da lagi yang jua keinci disini… saya mau beli yang betina nya….

  56. Dear All
    ada yang bisa bantu ngak dengan masalah @rahmat, mungkin yang berdomisili daerah merbabu, salatiga, boyolali, klaten etc.

    @w_indi
    jauh ya… tapi klo partai gede sih why not, tinggal mikirin cost buat transport nya aja. belom lagi tu kelinci mabok ngak ya dijalan kelamaan ?

    @arjuna
    coba kasih rumput segar, kali aja tu kelinci mau.

  57. ass,
    ak mau tanya kalau misalnya kelinci diberi makanan berupa kulit kacang tanah yang diubah menjadi tepung baik untuk performennya nggak ya?
    tolong dibalz ke raja_azten@yahoo.com

  58. @ajar

    wah, baru tahu ada makanan begituan, mingkin mirip gabah kering giling kali ye…
    aku pikir bisa aja, sepanjang tidak menyebabkan kelinci sembelit, solanya ada makanan yang bisa menyebabkan kelinci sembelit seperti kulit ketela pohon

  59. assalamuallaikum……
    salam kenal ya pak,saya juga peternak kelinci,cuman saya nich lg kesusahan nyari pembeli,sekiranya bapak bisa bantu ngga?oh ya pak cara pemasaran kelinci sekiranya bisa sampai keluar negri?ya mungkin sekiranya bapak punya relasi disana heuhuehuehe…….kalou boleh tahu bisa minta no hp bapak ngga?ntar call/sms ke no ini ya 085735057875 sebelumnya makasih ya pak q harap bapak mau menghubungi saya cos saya jg pingin belajar lebih dalam tentang kelinci dan mungkin bisa kerja sama.sebelumnya makasih ya….thank’s

  60. @nunok

    weleh..weleh..
    klo pemasaran sampai luar negeri saya ngak tahu, selain belum mengetahui celahnya, juga belum mengetahui prosedur pengiriman barang ke LN. Mungkin rekan2x yang lain ada yang mengaetahui??

  61. omdien mo tanya donk, klinci aku sempat mencret2 & mencretnya bnyak sekli, tpi sekarang dah sembuh. yg saya mo tanyakan klinci yg dulu gemuk, skrng ko kurus ya, padahal penyakitnya dah sembuh. gmn caranya supaya klinciku gemuk lgi. mhn saranya. thx

  62. @ ajar
    setau aku kelinci pedaging bagusnya jenis flam, giant. apalagi kalo bisa dapat bibit induk yang bagus, beratnya bisa sampai sepuluh kilo.

    @ cepy
    kasih obat mencret aja, trus kasih vitamin. lagian harganya murah ko

  63. @ omdien
    oh iya omdien, aku ada rencana hari minggu mau kesana. paling saya mau ke rmh pak Ading.

  64. @arjuna
    Kebetulan bapakku tinggal di purwokerto dan lagi ternak kelinci. mungkin aja bisa sharing. Alamatnya: Desa Purbadana, Kecamatan Kembaran, Lokasi rumah sebelum KUD Tri Murti (maklum di desa, jadi gak ada nomor rumah). Oiya, ketemu sama Bpk. Mulyawiardja.

    Semoga membantu…

  65. omdien & temen2, tlng bantu aku, klinci aku dibagian tlinga & kaki mengalami gatal2, seperti kutu air & bisa di kelupas, kalau blh minta saran obatnya apa ya. aku panik sampe2 aku mo putong tuh klinci, tpi aku ga tega. tlng bntu ya. thx 081511004444

  66. Hallo,, aku pelihara kelinci, namanya Pizza. Kenapa ya si Pizza setiap habis aku gendong trus aku taro ke tanah pasti dia menghentakkan kakinya keras2 trus lari menjauh?? Apa dia marah gara2 aku gendong? Tanda kelinci yg sedang tidak senang atau kesal itu apa sih? Apa nafasnya cepat dan nyakar mulu? Trus boleh ga si kelinci dibebasin di dalam rumah kaya di komik Sentaro? Cara ngajarin kelinci ke toilet gimana?? Dan toilet yg baik itu yg bagaimana ya?? Terima kasih atas perhatian dan jawabannya,,

  67. hayyyy…..

    gwe tiara
    gwe udah melihara kelinci dari SD. dari kecil—dewasa—beranak, terus anaknya mpe dewasa –beranak. Dari dulu gwe ga masalah membesarkan bayi2 kelinci itu.Tapi kelinci gwe yang kali ini namanya Cemul, dya agresif dan galak, setiap habis melahirkan dya ga mau nyusuin anaknya, dan ga mau ngedeketin sama sekali. kenapa ya? mpe anak2nya cuma bisa hdp 2 hari n pada mati. gmn ya? gwe ga tega liat bayi2nya mati…Thx for reply

  68. wah…saya jadi tertarik untuk mengembang-biakkan kelinci, setelah menmbaca cerita yang telah dipaparkan. apalagi kelinci mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi dan menjanjikan untuk ke kedap. mas tolong dong saya di kasihb semua info/dunia kelinci, terutama cara beternak dan sistem pemasaran.oke, thanks ya mas…

  69. Omdien dan kawan2 peternak kelinci,tlg sy donk.Sy udah berulang kali nyoba ternak klinci tp gagal.mslhny klinci yg anakan kadang jg indukny tiba2 lemes trus mati.Kira2 apa penyebabny and gmn ngobatinnya?trims all.Slm truwelu.

  70. klo di jakarta dimana ya sarang kelinci
    lg mulai mencoba belajar tentang kelincii ni
    mau ternak tp agak sulit pakannya
    gimana ya
    mohon saran donk kepada ahli-ahli perkelincian

  71. Omdien dan kawan2 saya minta informasinya dong dimana, gimana n sistem pemasaran kelinci pedaging/hias.
    saya masih rencana ingin memulai berternak kelinci.

  72. mas omdien,aku pnya piaraan klinci udah lumayan gede,kira2 umurnya udah hmpir 2 thn,,ga aku kandangin,aku lepas dlm rmh,tp udah terlatih bgt,jd kotoran nya ga pnh tercecer atau kencing sembarangan.drmn udah di anggap kyk ade ku sendiri,,
    baru2 ini mata sblh kanan kelinci ku berair terus,aku tkt klo dibiarin nti mlh jd buta,,mas omdien tau ga obat mata bwt klinci,,please..mau aku bw kdokter hewan,,cm aku aga ksulitan cr dokter hewan di dkt rmhku,,ada nya dokter gigi,,ga nyambung kan?hehe..
    klo mas omdien ga tau,,tlg cr tau ya,urgent bgt ni,atau klo ada yg tau hub.aku ya,,Amanda di 081808348599.
    thx b4.

  73. @ ayu…
    wah.. wah… ngak tau tuh..
    gimana klo gambling pake obat tetes mata manusia (insto, etc) kali aja bisa sembuh… :)
    tapi jangan denk… mendingan dibawa ke dokter hewan… taku ada apa-apa.
    Rekan-rekan yang lain ada yang tahu ngak….?

  74. To all rabitters,

    Sekedar info aja, di kompas hari selasa, 27 november 2007 ada artikel menarik tentang peternak kelinci di lembang. Coba baca halaman 16 (rubrik “Sosok”).

  75. Bagi pecinta binatang di JATENG ,yg berminat memelihara rusa penggonggong(kidang),sy sdh piara 3thn lalu,skrg 4ekor.yg mau 2ekor utk di piara jgn di potong thank

  76. mas..aku peternak kelinci lembang..
    kl kelinci kena scabies nama obatnya apa?tolong infonya yah…
    tks

    chandika rabbit

    http://chandikarabbit.wordpress.com

  77. Mas Omdien, saya domisili di purwakarta, saya baru belajar miara kelinci. Pernah 2 x beli di alun-alun yang kecil-2. Tapi karena nggak tau kalo nggak boleh dikasih air sama kangkung, sekarang jadi mati semua. Baru kemarin beli lagi di pasar rebo yang besar-besar. selama ini dikasih kangkung aja. Kalo beli peletnya dimana ya ? Atau kasih rumput liar aja ? Sayang kalo mati lagi.

  78. @ tri ariadi
    aku lihat emang, klo bibit beli di alun-alun, pasar jum’at tuh jelek2x, bentuk fisiknya kelihatan kok, kurus, bulu nya ngak halus (kayak gimbal gitu).
    kupikir pelet biasa juga bisa, klo ngak gabah giling atau dedak juga bisa, tentunya dicambpur air panas dulu, kasihin ke kelinci klo udah agak dingin.
    klo rumput setahu ku di purwakarta rumputnya kasar2x, sebagai alternatif cari rumput yang halus apalagi baru tumbuh (muda) di pematang sawah.
    met mencoba..

  79. @ chandika
    kayaknya pengetahuan akang lebih mumpuni dari pada saya, aku lihat di blog nya… wah.. kelinci nya bagus-bagus, kandang nya terawat rapih..
    parongpong daerah man ya..
    klo dari lembang ke arah mana ?

  80. @omdien
    wah omdien makasih pujianya, tp sy blum tau banyak kok. terutama masalah pengobatan.

    patokanya univ.advent. kl dari arah lembang pas pertigaan univ advent belok kiri ke jalan cihanjuang.nanti ketemu komplek elit katumiri, nah peternakan sy kira2 5-10menit dari katumiri ke arah cimahi. Tanya aja daerah cisintok/mesjid darusa’adah.Kami didepan mesjid tsb.

    Mas,..blognya omdien ak tempelin di blog ku’ ya…boleh g?

  81. @omdien
    Kemaren beli kelinci sepasang, terus kata penjualnya kelinci ini gak usah dimandiin bisa mati katanya dan karena warnanya rada kecoklat-coklatan ama anak dipaksa dimandiin karena kata temenya gak pa-pa tapi sekarang paginya kok kelincinya kaya’ mau mati ya… apa memang kelinci itu tidak beleh kena air.

  82. mo nanya nech mas.ciri”nya apa klo klinci mau di kawinkan. kan klinci saya dah beranak 3 bulan.pa udah waktunya saya ngawin ke mas?trims

  83. Ass…omdien saya dewi dari cianjur. saya mo nanya apa om suka beli kelinci dari cjr ? kalo boleht tahu di mana biasa beli ?(kali aja saya bisa ketemu om & pemasaran kelinci ternak saya lebih berkembang sampai ke pangalengan/ke seluruh indonesia )

  84. @chandika
    silahkan, dengan senang hati
    eh deket ngak dengan mesjin Percikan Iman yang baru mau dibangun ???

    @dewi amaliah muslimah
    ngak pernah tuh wi… di cianjur dimana ya, mungkin di cidaun (jauh banget), atau mungkin bisa dicari di daerah cipanas, cimacan etc. kali aja ada.

    @agung
    seumur-umur aku belom pernah mandiin kelinci, kasihan banget, paling klo basah tuh kehujanan :). lagian kenapa mesti dimandiin, biarain aja, simpan di tempat yg bersih. ntar juga bersih sendiri

  85. kalo tempat saya di cibalagung(yg mau ke tempat wisata jangari/tempat penanaman padi organik yg kemarin dikunjungi pak SBY),tapi mungkin peternakan saya masih terbilang kecil hanya baru 40 ekor, jadi saya mohon doa &saran dari om biar pemasaran ternak saya lancar & berkembang (bagi2 pengalaman sama om yg sudah berhasil) oh iya kapan2 main ke cianjur dong om!

  86. Hallo.. saya berencana memulai usaha ini nih.. Di daerah jawa timur, ada nggak ya yg punya kontak untuk beli bibit kelinci yg bagus/ (kelinci pedaging)

    tolong hubungi saya ya.. makasih sekali

  87. Oh ya.. lupa kasih email.. jarotbudhi at gmail dot com

  88. aloo mas..
    Saya berasal dari medan.
    Sudah masuk seminggu ini saya beli kelinci angora,awalnya beli sepasang,trus karena menceret yang jantan mati.Trus saya beli lagi.Sekarang saya punya 3 ekor kelinci angora jenis lion (sepasang) dan jenis persia (betina).Di medan ini baru2 aja ada penjual jenis kelinci hias.Awalnya saya cuma tertarik untuk pelihara karena tertarik sama bentuk bulunya.Saya kasih makan rumput2an, jagung,wortel,pur.Tapi setelah saya bayak baca berita2 seputar ternak kelinci lewat internet, saya tertarik untuk memasarkannya di kota saya,mumpung belum banyak ato munkin belum ada yang membudidayakannya,karena saya tanya si penjual mereka masih order dari Jawa.Akibatnya di sini dijual dengan sangat mahal.Untuk unkuran 1 bulan aja Rp.120-150ribu/pasang.Klo dah 2 bulan mau 200ribu/pasang.
    Yang mau saya tanyakan:
    1. Karena saya punya halaman yang cukup luas di rumah, untuk pemula, berapa ekor kelinci yang baik saya pelihara?baiknya betina berapa?dan jantannya berapa?
    2. Trus klo kelinci menceret2, obat atau pertolongan apa yang harus saya berikan?
    3. Apa benar kelinci jenis seperti ini tidak perlu dikasih minum? (kata penjualnya)
    4. Saya jadi tertarik untuk serius di bisnis ini, bisa mas kasih tahu saya bagaimana saya bisa dapat mengorder kelinci dalam partai besar/kelinci, untuk jenis kelinci hias maupun pendaging??Mungkin saya perlu contact person yang bersangkutan..

    Terimakasih mas buat wakyunya.
    God bless

  89. assalaamu’alaikum.
    salam kenal pecinta kelinci,…..
    saya add y,pengen gabung.
    saya baru tertarik kelinci sekitar 1bulan yang lalu,krn pengen skali pelihara, aku iseng beli ditempat temen kelinci hias 2 ekor.stelah kira2 1minggu diRumah, 1 mati?yang satunya lagi mati stelah 2miggu tak plihara.knp gitu ya???
    kalo daerah yogya,dimana bisa aku caru bibit klinci?tlng info nya ya,,,ke :ps_fita@yahoo.com
    thanks

  90. saya penggemar kelinc sejak lamai…
    saya pengen beternak kelinci untuk pedaging
    tolong info dimana saya dapat bibit yang baik
    posisi saya di jogjakarta. bisa hub saya di 081802795568
    trim

  91. Saya sudah sekitar satu tahun beternak kelinci angora
    saya mau tanya klu jumlah permintaan dan penawaran kelinci hias di indonesia dan di wilayah-wilayah indonesia berapa? mohon di jawab secepatnya ya mas
    Thanx…

  92. kalau ingin beternak kelinci australi di daerah bogor dimana ya belinya? bisa ga ya kalau pelihara kelinci di atas kolam ikan (panggung), kayak ayam? tx

  93. salam kenal.

    saya penggemar berat kelinci.
    gimana perkembangan kelinci sekarang?
    ada yg punya jenis flemish giant yg besar?

  94. Saya Jual Kelinci Jenis apa saja ( Pedaging ato Hias ), Makanan Kering ( Por ) jadi Praktis, kandang, tempat makan/Minum, lengkap deh pokokNya. Diwilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bisa Juga Luar Kota (Diantar sampai tujuan). Mungkin ada yang berminat Hubungi Saya. Dijamin Murah Banget.

    Hadi : 031-60276742
    hadi_hombr@yahoo.com

  95. Salam kenal..sy pny klnci peliharaan 2ekor.yg jntn dh mati.tgl yg betina skg.sy mo tny ada vaksin u klnci?kl ad dmn sy bs mndptknx..kemudian kl klnci mslh pnykt utamax dgigi ya?sy tau dr intrnt.krn pd dsrx gi2 klnci prtmbhanx cpt.n kl gi2 klnci ad mslh hrs dcbt.nah,sy mau tny dmn mencari dktr hwn spesialis klnci?oya,sy brsl dr medan.sy hrp bs mndptkan info segera..thks

  96. saya br mau gabung siapa tau dapat ilmu

  97. kelinci ku sedang sakit sepertinya kena jamur kakinya ada yang tau gak obatnya ? aku punya vaksinya tp kalu mau di suntiknya yang bagus sebelah mana ?

  98. hallo omdien, pa kabar?
    makasih yang uda sms end contac2 gw baik yg dari pekalongan, semarang, jogja, samarinda dll.
    mas rahmat pelihara kelinci berapa ekor, alamat persisnya mana mas di lereng merapi merbabunya.
    siapa tau tar bisa jd temen dan saling kunjung. Aku di sl3 mas.

    salam kuping panjang

  99. hallo semua

  100. gmn ni cranya spy klinci ku akrab ma aq.Trus wktu itu klinci ku,ku beri pelet tapi dia malah ga mau makan n sakit.tapi..untung ga mati,trus gmana sih cra ngerawat klinci yang benar,n supaya bisa dirawat sampe besar!!
    Tolong d Jawab,,ya!!! trims..

  101. tolong kasih tau saya alamat peternak kelinci hias (anggora,dwarf,lion) disolo apa jogja donk. makasih

  102. tolong sms aja ke 0856-4202-7572 makasih sebelumnya atas infonya

  103. Saya baru aja pelihara kelinci jenis spot. Kira-kira bisa dikawinkan umur berapa ya? Kalau di sekitar Yogya ada yang tahu alamat peternak kelinci nggak?
    Kelinci saya makannya kangkung, wortel dan bekatul. Ada makanan lainnya nggak ya? Kalau dikasih rumput itu yang segar atau agak kering seperti untuk lembu? Terima kasih.

  104. hey, boleh nanya ga? sumpah bingung bgt deh, kelinci boleh dimandiin ga sih? ga tau jenis dan umurnya berapa hehe

  105. hallo semua

    untuk temen2 wilayah salatiga – boyolali jateng yg pengen berbagi pengalaman beternak kelinci jenis pedaging . Dan mau beli bibit umur 45 hari atau indukan kontak2 saya ya.

    081325328665

    untuk omdien
    support terus ajang diskusi ini

    SALAM KUPING PANJANG

  106. Kalo ada yang tahu informasi peternak kelinci di sekitar jogja beritahu saya dong. Bisa sms ke 081328273498. Saya ingin belajar dari peternak yang sudah berpengalaman. Terima kasih

  107. Untuk pak slamet tolong kasih tahu alamatnya dong. Kapan-kapan saya dolan ke rumah sampeyan. Matur nuwun.

  108. Hallo semua,

    Saya usul, kalo bagi2 alamat jangan lewat sms donk,
    biar semua bisa tahu

    tks

  109. Salam kenal, om…
    Saya salah satu penyayang binatang yang bernama kelinci. Beberapa bulan kemarin saya membeli 4 pasang anak kelinci. Kata si penjual bukan kelinci lokal, so saya beli. Selang 4 hari 1 kelinci jantan tiba-tiba mati, gak tau penyebabnya. 2 minggu kemudian 1 kelinci jantan juga mati. Dah gitu 1 kelinci kena penyakit korengan. Yang terakhir tinggal 1 kelinci putih betina, dy yang paling agresif juga tertular korengan. Kasian banget…Padahal korengannya udah menyebar ke semua badan, dy punya semangat hidup tinggi, tetap agresif, lucu, selalu ngebersihin badannya sendiri. Saya kasi obat kapsul+minyak goreng, korengnya lepas. Tapi selang beberapa hari, mungkin karena kurang makan, dy mati.. Sekian cerita dari saya. Mohon saran agar ternak kelinci saya bisa berhasil. Thank’s b4.

  110. Ass. Wr.wb. Ada yang tau ngak ya…pemasaran kelinci hias dan pedaging di area solo. Makasih tuk semua atas infonya. Sms di 081329551605

  111. buat temen2 peternak dan pecinta si kuping panjang yang ingin memasarkan atau membeli kelinci dan semua produknya seperti kulit bulu,daging di daerah jogja dan solo bisa menghubungi saya di bowoszz_sazax@yahoo.com saya juga punya beberapa gambar jenis kelinci beserta nama jenisnya

  112. untuk Truwelu,
    Tolong kasih alamatnya dong, saya tertarik dengan penawaran Anda memelihara rusa. Kirim alamat anda ke email saya w.keilana@yahoo.com. Terima kasih

  113. PTERNAK BARU NIH DARI DATARAN TINGGI DIENG SPECIALIS JENIS FLAM, YANG MAU PESEN ADA. 081328255592 DIENG LOOO

  114. Mas, kalau di jateng agak susah. Paling ke Yogya.
    Kalau mau sih ke pak farid di Kaloran Temanggung. Lumayan banyak sekarang. Fuzzy, Ducth, rex, satin. Harga antara 70, hingga 400ribu.

  115. dianta sembiring

    halo kang……
    saya beternak kelinci setahun yang lalu sekarang sudah mulai berkembang kang pingin tahu standart kelinci F1

  116. Huy all,mw tnya kelnci anggora siap kimpoi umur brp yg jntn n btn?n msa kandunganya brapa lm?ad vksn untk kelnci ya?Kalo aDa brp?domisi bgr

  117. Salam kenal smuanya…mo tnya obat scabies apa merknya?tlng saya dbntu coz klinciku dah timbul gejala gatal-gatal…mksh…

  118. Hai semua……..
    Salam kenal…….
    Aq mo nanya, knapa kelinciku si Cila alat kelaminnya memerah…??? Truzzz… knapa BABnya si Cila jadi lembek sepertinya sih, agak mencair? Apa obatnya? Aq panikss bgt. Si Cila neh pny teman, namanya Si Mici, mreka brdua tuch beda alat kelaminnya, coz… yg mna yg cwe n’ yang mna yg cwo? Kelinci q bleh dmndiin g?

  119. Gmana bersihin kaki kelinci? soalnya kelinciku kakinya kotor karena nginjak “pipis” dan”e-e”nya sendiri!!!

  120. Kenapa alat kelamin kelinci q, Si Cila, memerah? Kenapa BABnya kelinci q, Si Cila, jadi lembek dan mencair gitu…? Si Cila pny teman… namanya si Mici. Mreka alat kelaminnya beda, gmana ngebedainnya? Thx

  121. salam buat semua penggemar kelinci…saya juga punya kelinci angora betina indukan( F1) abu-abu dengan ke 4 anaknya… 2 abu-abu, 2 lainnya coklat muda sekarang mereka udah berumur 27 hari jadi sekitar 4 hari lagi mau saya sapih…., lucu lucuuu…benget…bulunya dari kepala ampe badan ampe kaki lebat semua….jadi kayak bukan ngeliat kelinci jadinya…he he..matanya ketutup rambutnya yang lebat..gemesin banget….nanti kapan kapan mo ta posting foto fotonya….biar pada kenalan yaaa…

  122. sorry salah inget bukan 27 hari tapi tepatnya sudah berumur 7 minggu lebih karena lahirnya tanggal 30 maret 2008 jadi mau disapih sekitar awal juni begitoo

  123. Salam buat semua penggemar kelinci…saya juga punya kelinci angora betina indukan( F1) abu-abu dengan ke 4 anaknya… 2 abu-abu, 2 lainnya coklat muda sekarang mereka udah berumur 57 hari jadi sekitar 4 hari lagi mau saya sapih…., lucu lucuuu…benget…bulunya dari kepala ampe badan ampe kaki lebat semua….jadi kayak bukan ngeliat kelinci jadinya facenya jadi mirip mirip kucing pig nouse begitu…he he..kepalanya bundar, muka dan matanya ketutup rambut yang lebat ..gemesin banget….nanti kapan kapan mo ta posting foto fotonya….biar pada kenalan yaaa…

  124. intan bedagama

    om dien …
    aku mau nanya nich
    ceritanya aku beberapa waktu yang lalu di kasih kelinci australia cewek trus karena kasihan sendirian aku beliin kelinci lokal cowok buat temen, nah sekarang dah ngelahirin 8 anak tp sayangnya udah sebulan anaknya tiba – tiba mati dua padahal pas lagi lucu2 nya n aktif banget tiba – tiba diem terus besoknya mati itu sebabnya apa ya? trus si emaknya di puting susunya ada 2 yang bengkak banget itu kenapa n bahaya ndak ya? please kasih aku referensinya soalnya di tempat tinggalku ( gombong ) ndak ada dokter hewan. kalo bisa bales di e-mail ku aja di bedagama4ever@yahoo.com

    makasih banyak ya om….

  125. aq py klinci namana cimut. jenis DUTCH. Tpi doski bru aj almarhum kuz biz ku mandiin dy mencret2. hikhikz.. mw beli klinci angura tpi yg mura. umr na 3 bln. hrgana 40. ada yg jual gag?

  126. di jakarta selatan beli kelinci dmana sih?

  127. tapi yang harganya murah ya ada nggak yang harganya 20-40.000- an?

  128. pak saya baru menjadi peternak kelinci biasa/lokal di daerah sumatera barat……….tapi saya sekarang lg bingung mo jual kmna klinci2 saya….mohon informasinya dmana saya dapat menjual kelinci2 saya.revifirst@yahoo.com

  129. salam kenal……
    saya baru coba untuk berternak kelinci sekarang binggung untuk memasarkannya. saya berdomisili di Kediri jawa timur. kelinci saya jenis Flam dan Rex, mohon petunjuk gimana tmpt pemasarannya. terima kasih …….

  130. P Eko, Kedirinya mana?
    Flam nya sampai bobot berapa?
    coba hubungi P Muhadi peternak di Ngadiluwih.

  131. slam kenal,
    aku punya kelinci sepasang udah 3 kali ini beranak.dan anak2 nya selalu mati terus karena induknya tidak mau menyusui dan dibiarkan saja. aku bingung gimana harus merawatnya sang anak agar tetap hidup. apa harus diberi susu? susu apa yg baik untuk bayi kelinci?
    thanks

  132. Permisi tman2 pecinta dan pengusaha si imut yg lucu2, sy fajar di gresik, pecinta kelinci juga, sdh setahun lah bemain sama ciko n cici, jg ciput, pertama dulu ya smpat frustasi jg, karena memulai dg anakan umur 2-3 bln gitu, ilmu masih cetek, jd pernah mati 15an ekor, skrg mulai lg, mhn dukungannya ya, almt dpan msjid agung gresik, telp. o31 77803565, 3956681,085231107367, mail: fajarbond@yahoo.co.id

  133. mbak esti
    pean tinggal dimana ??
    maaf aku sekarang lagi job di Saudi Arabia
    sebulan kerja sebulan libur…
    insyallah bulan depan sudah kembali ke Tanah Air

    pak muhadi nomornya berapa dan alamatnya di ngadiluwih mana ???

    silahkan kirim e-mail ke
    ekosubowo1@yahoo.com

    or call me at :
    081-335-193-999 or
    085-646-496-999

  134. mbak diana

    aku mau tanya ? apa itu baru pertama kali beranak (tembean istilah jawanya)

    itu kejadiaannya sama dengan ku saat pertam kali aku berternak. 2x anaknya tidak disusui tapi setelah aku bikinkan kandang yang agak besar baru induknya mulai mau nyusui.
    coba sampeyan bikinkan kandang yang ideal agak luas untuk kelinci sampeyan.

    terima kasih

  135. untuk semuanya.
    tolong dong di kasih artikel lengka tip-tips berternak kelinci yang baik, mulai dari kandang, makanan, jenis penyakit yang biasa menyerang kelinci, jenis-jenis kelinci, pemasaran,dll.
    soalnya aku kemarin pas ke Batu Malang beli sepasang kelinci gak tahu jenisnya pokoknya warna-awarni dan imut banget, eh… sehari di rumah yang betina malah mati.
    aku tinggal di Demak, Jateng. mungkin ada saran dari yang lain?

  136. Kelinciku sekarang udah mati semua, kira-kira napa ya?. padahal udah aku baik-baikin cara ngerawatnya.
    apessss…dech….

  137. salam kenal om dien,

    sy donnie di bandung.
    kalo aku perhatiin kok om dien dah lama gak nulis nih.
    om, aku perlu jenis flamish giant yg usia 3-4 bulan tapi yg keturunan dr indukan yg berat 8 kg. Berarti utk seusia itu bisa berat sampe 5 kg-an ya ?
    Kira2 om ato temen2 ada yg bisa bantu ?
    ato hub aku di 022-91900262

    nuhun
    don

  138. Saya pingin cari flemish giant indukan yg beratnya >=10kg ada yg punya nggak??

  139. omdien n temen2 aq butuh anakan kelinci dan indukan di jogja bisa minta alamat atau nomor yang bisa dihubungi?ato langsung aja kirim ke bowoszz_sazax@yahoo.com 081804030401

  140. Mas2 mbak2 adik2 semua, kalo mau belajar banyak tentang perklincian, aku sarankan masuk aja ke “duniasatwa.com” disana ada thread tentang kelinci, cukup lengkap dan informatif… dan untuk saling sapa langsung, ikut aja milis kelincihias@yahoogroups.com. Aku juga baru mulai miara 3 pasang klinci masing2 Rex, Dutch dan Flemish Giant/Vlaam, dan si Rex sudah beranak 6 bayi lucu2… Aku juga banyak belajar dari para peternak di kab Magelang, terutama yang tergabung dalam PPKM (Paguyuban Peternak Kelinci Magelang) a.l. ketuanya yaitu Pak Widodo (085868561711) dan bagian humasnya yaitu Pak Nasrip (081805435303) di Mungkid, dan Pak Karno, raja klinci di Ngablak (085643005179), atau dengan mbak Illa, kolektor ratusan Kelinci Rex F-1/F-2 di Sumowono Bandungan (081325628701). Tentang pemasaran, bisa juga lewat Paguyuban yang ada di Jogja, Magelang dll….

  141. maksudku forum yang bagus itu namanya duniasatwa.com dan ada thread tentang kelinci yang cukup lengkap…

  142. silakan kontak langsung nama2 yang kusebutkan itu… Boleh sebutkan atas rekomendasi/saran dariku (namaku Torry)… Kalo mau ketemu mereka boleh aku tunjukkan tempatnya, kalo memang waktunya cocok, aku seneng2 aja kalo dibutuhkan untuk mengantar sampai ke tempat… karena aku sangat mencintai kelinci…

  143. Oh ya, bagi yang bener2 pingin mendapatkan anakan/indukan yang asli atau keturunan pertama dari indukan impor, setauku ada beberapa pihak yang bisa dikontak :
    1) Puslitbangnak Bogor
    2) Dr. Kelly/pak Sabar di Bandung
    3) Mbak Illa di Sumowono, Ungaran khusus untuk jenis Rex (asalnya dari Puslitbangnak Bogor)

  144. Kemungkinan besar Mas Ary Andromeda itu juga punya klinci2 bagus yang bisa kita beli….

  145. Sekedar melengkapi penjelasan atas pertanyaan2 di atas : klinci HARUS disusui oleh induknya sampai usia minimal 50 hari, max 60 hari… Sejak melahirkan, sebulan kemudian si induk betina bisa dikawinkan lagi… Si bayi yang sudah disapih/lepas susu bisa dikumpulkan sampai usia 4 bulanan, dan saat itu anakan jantan HARUS dipisah dalam kandang tersendiri (1 kandang 1 jantan) karena mereka mulai timbul instink menjajal kekuatan dengan berantem untuk menjadi pemimpin kelompok… Lalu si anakan betina bisa kawin pada usia 5 bulanan, tapi untuk hasil keturunan yang lebih baik dan kesiapan mental sebagai ibu, lebih baik baru dikawinkan pada usia 7 bulan, dengan jantan yang usia lebih tua, dan kalo bisa dengan klinci sejenis rasnya tapi jangan sedarah (sodara kandung atau induk/anak).. Pada saat mengawinkan, awali dengan menempatkan kedua klinci yang mau dikawinkan itu pada kandang yang bersebelahan supaya saling terbiasa, kemudian saling bergairah… lalu beberapa hari kemudian, pada saat si betina sudah menunjukkan tanda2 “matang/siap kawin’ (jika dielus bokongnya, dia lalu menunggingkan pantat, mengangkat ekor dan menunjukkan vagina yang kemerahan) maka itulah saatnya dia dimasukkan ke kandang si jantan.. biarkan sampai mereka bersetubuh 3X…. biasanya si jantan akan menjerit nada tinggi saat orgasm dan kemudian terjatuh lemas terkulai disamping tubuh si betina, sambil melenguh gruuuk.. gruuk…. setelah 3x bersetubuh (biasanya terjadi dalam hitungan menit aja) ambil si betina, kembalikan ke kandangnya sendiri… jangan lupa mencatat tanggal perkawinan, karena antara 28-32 hari kemudian si betina akan melahirkan.. Pada hari ke 26, masukkan kotak / baby box dari kayu/bambu beralaskan daun2 kering ke dalam kandang si calon ibu… Lalu jika dia mulai merontokkan bulu2 dari sekitar dadanya (untuk alas dan selimut bayi2nya) maka dalam beberapa jam kemudian dia pasti melahirkan… oh ya, saat terbaik untuk kawin adalah setelah maghrib/malam karena klinci adalah nocturnal, aktif di malam hari….

  146. Oh ya, namaku Torry, hp 081328516999, email : hardini1956@yahoo.com

  147. Untuk pemasaran klinci, bisa melalu paguyuban2 peternak klinci lokal/kabupaten, biasanya mereka sudah punya jalur2 pemasaran/pembeli… tapi yang masih agak belum jelas bagiku adalah pasar ekspor (klinci hidup/daging/kulit klinci)…. Mungkin ada yang bisa memberikan info ??

  148. kenapa kita tidak dianjurkan mengawinsilangkan klinci2 dengan ras berbeda ? karena resiko kegagalan selalu ada, yaitu lahirnya anakan yang tidak jelas, warna kurang cerah, atau bentuk tubuh/bulu yang tidak sesempurna bapak/ibunya.. Sehingga kurang laku dijual karena pada umumnya mereka yang paham klinci selalu mencari jenis yang asli.. Tapi ada juga sih mereka yang tidak peduli keaslian ras, dan lebih mementingkan visual : klinci nampak sehat, lincah, lucu mau dielus2.. untuk peliharaan / teman di rumah…

  149. Salam kenal Pak,

    Kami dari KENCANA Rabbit, alamat :
    PERUMAHAN BUANA GARDENIA BLOKC
    Pinang, Tangerang
    (Dekat Pasar Bengkok)

    ingin menjalin persahabatan dengan Bapak,
    Jika dapat kami ingin sekali ber silaturahmi dengan Bapak, mohon di informasikan alamat Bapak di pengalengan/ciwidey dan No. telp yang dapat kami hubungi, jika sewaktu – waktu kami ke sana.

    terima kasih Pak,

    Wassalam
    Dedy Suwardi

  150. om Dien yang kami favoritkan di “rabbit world ini” baru2 ini sekali lagi saya dihempas lagi dengan ujian bertubi2, yang sangat sulit untuk diselesaikan, bulan lalu: saya datangkan rex anakan sdh umur 3 bln(25 ekor), angora 10 ekor, bandungan 5 ekor, tiap hari berguguran satu demi satu, sekarang rex tinggal 3 ekor, lainnya habis, padahal cara perawatan sdh seperti petunjuk; makanan hijauan dilayukan + pelet lele + dedak, lokasi kandang jg di dalam gudang (dr seng) L: 6X10m2, spy tdk terkena angin langsung, kandang juga selalu bersih. Tp koq msih kembung dan mencret, itupun sdh diobati dg caviam + hayy(daun kacang yg kering) masih jg tak terselamatkan. Memang di gresik bulan2 ini jk siang panasnya kelewat, kalo malam dingin kelewat, itupun kandang di dlm masih ditutup terpal jk malam. Ada lagi yang 3 induk betina dan 2 pejantan terserang scabies, sdh diobati bertahap dg bedak hewan, semprot,intervet, ndak jg membaik. Awalnya karena ada teman baik yg pengin tukar sepasang, ndak taunya bw virus. Ini saya masih bertahan dg 1 pejantan rex, bandungan, & betina bandungan, 1 betina angora, 1 betina lion, 1 betina flame, 3 anakan rex 3,5 bln, mhn saran dr smuanya aja, trims

  151. MAS Q PNY KELINCI GEDE BANGET BERATNYA 4 KG. APA TANDA2X KALO DIA MW KWAIN YA. PLIES JAWAB DONK……….

  152. saya adalah penggemar berat kelinci, tapi sayang saya udah samapi puluhan kali coba untuk pelihara kelinci tapi selalu mati (diare) gimana cara ternak kelinci yang baik tolong kasih tau dong mah kasih

  153. Sama lagi ternak Kelinci nih tapi pada mati,,,cara ngerawatnya gimana??????

  154. Nama ku selly,from jakarta Utara.lam nal yach
    Aku minta alamat ternak kelinci di Jakarta,lo bisa jangan jauh dari tempat saya,,hehe2,,yang bagus bukan kawin campur donk.
    makac

  155. Nama ku selly,from jakarta Utara.lam nal yach
    Aku minta alamat ternak kelinci di Jakarta,lo bisa jangan jauh dari tempat saya,,hehe2,,yang bagus bukan kawin campur donk.
    hub aku di 081310603998
    makac.

  156. allo temen2 semua. saya dan suami baru merintis usaha ternak kelinci di daerah batu malang. saat ini kami sedang mencari flam umur kira2 5 bln. bagi temen2 yang tau alamat peternak yang pny flam di sekitar jawa timur, mohon infonya di fennymarethania@yahoo.com atau call 08563337228, ato bisa juga david 085649688891.
    thanks

  157. wah.. udah kayak thread forum nih, kebanjiran pertanyaan. Kepada rekan2x yang kompeten dan udah berpengalaman dibidang ternak kelinci bisa memberikan kontribusi di blog ini.

    TKS

  158. Pagi penggemar kelinci daerah Semarang, silakan berkunjung ke Oeengs Rabbit Jl Singa Utara Perum BPD II K-55 call 024-70380841 dengan Santo .Untuk konsultasi silakan . Pagi teman2 yang kelinci nya terkena diare/mencret coba dikasih flagil dosis 0.2 ml, ini bisa dibeli di apotik kok. kalau kembung coba di kasih daun pepaya tp dilayukan dahulu.

  159. Mba fenny bs kirim k sby ga kelincinya??
    Klo ada foto2 nya+harga tolong kirim ke email saya veetha_7488@yahoo.com
    Saya lagi cr anggora inggris loop yg betina

  160. koko dr pondok kelinci

    ka,i sudah cukup lumayan lama beternak kelinci. Ada banyak hal yang kami alami, mulai dari susah cari komposisi pakan yang tepat serta murah. Kamipun juga banyak mengalami masa-masa sulit saat mengalami *tragedi * kelinci yang mati. Namun sekarang badai itu telah berlalu. kami sekarang dah boleh dikatakan berhasil mengembang biakan berbagai ras kelinci seperti australia, flamsh giant, lion, anggora dll. Bagi semua pecinta kelinci yamh ,au tahu lebih banyak tenatang bagaimana beternak kelinci, boleh kok konsultasi, yach siapa tahu bisa bermanfaat dan mungkin malah kerja sama dengan kami. Kami selalu welcome
    Hubungi kami : Pondok Kelinci Jl. Potrosari Tengah 26 belakang ADA Swalayan Banyumanik
    Kontal : Koko ( 0852 18423779 / 085727605980 ) wingky ( 081325 533394 )

    • Asswrwb. Mhn info kalo beli kelinci daging yang umur skitar 4 bln harganya brp mas Koko??? Saya tinggal di BSD Tangerang Selatan
      Mhn infonya trims.
      Hariyoto 021-53152716
      081280064850
      email: hhariyoto @yahoo.com

  161. saya dah lama pelihara kelinci tapi ya musuh utamanya kucing ,karena di rumah saya banyak kucimg liar,dan sangat bingung nanganinya ,apa kucing di kasih racun nggapapa?

  162. Alo…. Kang, kumaha damang…?
    dah lama nih baru OL lagi..
    kang, kapan2 maen donk ke tempat aku di cipaisan.
    sekarang aku dah lumayan punya beberapa jenis kelinci kaya…. flam, rex, hotot, n fuzzy lop. pengennya sih tambah lagi koleksinya….
    ngomong2 akang tuh di stasionnya di sebelah mana? kalo bisa alamat lengkapnya ya…. krm ke email aku, kalo ga sms ke 085720239888.
    haturnuhun sateuacanna….

  163. alow s’mua pecinta kelinci….
    lam kenal…
    aku Dicky di Purwakarta
    tepatnya di Cipaisan
    aku baru pemula di bidang perkelincian, baru beberapa bulan kebelakang seh…
    selain itu aku juga ngurusin domba jenis Dorper yang punya tante aku di daerah citalang Purwakarta. aku masih awam soal kelinci, jadi kirim2 info ya ke email aku
    doko_de_nogo@yahoo.com

  164. Ada yg punya gambar kandang sapi ramah lingkungan untuk kondisi tempat sempit supaya tidak bau kencing

  165. Ada yg punya gambar kandang kelinci ramah lingkungan untuk kondisi tempat sempit supaya tidak bau kencing

  166. diam-diam aku ngamati perbincangan di blog ini. ada yang ngawur juga ada yang jujur. kalo pamer, kelinciku sih cuman 11.
    tapi aku dulu pernah nulis tentang kelinci, keunggulan di sistem pengembangan semi alami.
    kebetulan ketika di Weipa, Australia aku sering berburu kelinci yang termasuk hewan pengganggu.

  167. salam kenal…….
    dari saya penggemar kelinci…..
    baru mau coba-coba beternak…..

  168. om dien saya mau tanya obat untuk kelinci yang mencret apa ya? saya dah bawa ke dokterhewan kayu manis dah 2 minggu g sembuh2 mohon petunjuknya.

  169. Dear Mas Arief

    Untuk kelinci yang mencret dapat di obati dgn flagil ( bisa dibeli di apotik ) dosis kecil aja. Atau yang sederhana coba dikasih teh manis, daun pepaya atau jambu yg dilayukan …. he..he ini ilmu peternak lho. Jauhkan dari makanan yang basah/sajikan makanan dlm kondisi yang layu. jemur kelinci dipagi hari dan hidarkan angin malam secar langsung.

    oeengs rabbit semarang menjual berbagai macam kelinci hias 024-70380841/70524972

  170. makasih sarannya mas adhi saya juga baru belajar pelihara kelinci jadi masih harus banyak belajar
    mas semarangnya mana saya sering main ke sekaran gunung pati unness

  171. saya juga mau tanya saya punya ducth tapi mau saya silangkan dengan lion tu hasilnya bagus ga mas

  172. buat mbak ayu kalau mbak ayu posisinya dimana?
    kalau di yogyakarta bawa ke klinik hewan kayu manis ja mungkin bisa membantu cz dokternya kuliahnya di luar negri dokter adit namanya tu mungkin bisa bantu masalahnya ayu.
    saya juga baru belajar melihara jadi pernah berobat kelinciku disana?

  173. saya mau tanya cara ngajarin kelinci gimana biar mau makan pelet

  174. gimana sih kebiasaan aktivitas dan apa saja yang dilakuin sama induk kelinci waktu dia hamil, sampe melahirkan, sampe ngurusin anak-anaknya?

  175. Mau tanya donk
    plizz cpt d blz coz penting bgt nih..
    Aq pny 2 klinci udh lbh dr 2 mgg yg lalu melahirkan ank anknx ad 6
    slh stunx ad yg pling bsr
    nah yg pling bsr in sdh hmpr 2 hr gag mau nyusu induknx dan gag lincah sperti ank klinci lainx slain it nafasnx terdengar agak sesak spertinx
    it knp yaa? Dan cra mengobatinx gmn agr dpt kembali menyusu induknx?

  176. Bagi rekan-rekan yang interest sama kelinci, ada banyak info yang bisa dilihat di http://istanakelinci.wordpress.com
    Banyak info yang penting tentan perkelincian, tks.

  177. mas klo leh tau berapa harga beli jenis standart kelinci jenis flemish giant skrng…
    thnk…

  178. om…
    saya punya 2 kelinci australia…,lucu-lucu n imut2..
    namanya momo dan chiao…
    saya taruh di 2 kardus yang saya gabung menjadi satu.. lumayan besar sih…
    cuma, masalahnya kok kelinci saya pengen banget keluar, dan dia gigitin kardus dan dimakan…
    aduhhh… saya takut mereka sakit…
    dan kenapa ya kedua kelinci saya suka jilatin tangan saya???

  179. aSsalamMualaikum wr wb nEh
    sAYa mW tNya neh klo mw tau kapan kelinci pengen kawin kira – kira apa yah??trus klo bulu-bulu nya rontok itu kenapa ya mas??

  180. mas,
    mw nanya nih..
    kandang yg baik untuk kelinci itu yg bagaimana ya mas?
    dan kpn klinci hrus keluar kandang agar tdk mrasa bosan di kandang?
    trims..

  181. bagaimana cara menangani kelinci yang terkena demam alias suhu tubuhnya meningkat tolong om dien punya solusi ga ni?

  182. ASIKKKK juga ternak kelinciiiiiiicii pasti bisa menhasilkan uaanggggg iyakan

  183. asik..asik….aku pingin belii kelinciii

  184. Ikutan ah. . . . .! kalau aku sih pernah beli kelinci tpi gak tau kelinci apa. .! pokoknya lucu, bulunya putih lebat matanya merah. cuma pas dirumah karena mungkin tempatnya tidak memadai buat kelinci, warna bulunya jadi kusam (kelincinya atau pemiliknya yang jorok ya!) trus yg parahnya lg baru satu minggu. . . . . kaburrrr. .deh tu kelinci. . .he . .he gak betah kali ya. . .

  185. Ping-balik: Ternak Kelinci Bisa Menghasilkan Devisa « PT.PP - BTN PROJECT

  186. pak, mau nanya…
    beberapa hari yg lalu kelinci kami di titipkan ke toko klinci selama 5 hari..
    setelah kami jemput kembali, salah satu kelinci kami berperilaku aneh, tidak seperti biasanya, biasanya kelinci kami aktif dan makannya lahap sekali, sekarang tiba2 menjadi pendiam makan pun hanya sekedarnya saja, tidak seheboh seperti biasa bahkan cenderung tidak mau makan…
    apakah hal ini di akibatkan pola makan yg berubah selama penitipan, ato klinci kami telah terjangkit penyakit ?
    mohon bantuannya pak….
    kondisinya mengkhawatirkan…

    mohon bantuannya kepada pembaca untuk berbagi pengalamn kasus seperti di atas..

    terimakasih,
    daninovada1.tgs@gmail.com

  187. gimana sich cara melihara kelinci supaya bulunya terawat??????

  188. rifai elek koyo telek mambu
    puas…………………………………………………………………

  189. gmana sih cara melihara kelinci spya bulunya bagus……..??????????

  190. saya suka sekali tu kelinci. bagaimana cara mendapatkan informasi lebih jelas mengenai pembibitan, pemeliharaan tolong dong kasih tau caranya katanya bisa buat bisnis apa ia kasih tau yaaaa………….

    • dijual imun berupa serbuk yang bagus dan mujarab untuk meningkatkan daya tahan ternak unggas dan mamalia. teruji dapat meningkatkan jaringan dan kekuatanya serta dapat menyembuhkan penyakit.
      ket:
      asal

    • dijual imun berupa serbuk yang bagus dan mujarab untuk meningkatkan daya tahan ternak unggas dan mamalia. teruji dapat meningkatkan jaringan dan kekuatanya serta dapat menyembuhkan penyakit.
      ket:
      asal : new zealand
      bb : 15gr/sachet
      harga 25rb/sachet
      08975810888

  191. lam kenal, aku gugun, ayah muda dari seorang putri imut, yangsekarang lg serius ternak kelinci, buat temen-temen yang butuh stok,call aja ke 08170567882. skarang yang ada jenis rex, lion, sama anggora, umur dr 13 hr – 3 bln.

  192. Saudara2 skalian, sy masih di gresik jatim, kali ini sy tawarkan ada 9 betina induk(2 sdh branak, 3 bunting) , ada 3 pjantan, dr jenis: rex, satin, angora, silangan. Kalo mau sekandang2nya jg bs, kan lbih praktis. Sy sdh khabisan waktu, DIjual murah utk smua, Hub: 03177803565, 087851500353, 085231107367, dijual sesegera mungkin.

  193. ehheemmm…buat yang suka kelinci berbagi ilmunya yukk…
    aku peliharacukup banyak dari 9 jenis kelinci ras.
    Ar 08975810888 smsan oke banget…

  194. Ar&Am Rabbit breeder and Schooling
    08975810888 – 08975810999

  195. Enak oy mau ada yg danai.

  196. mas aku anak kediri mau mengenal langsung mas dan beguru tentang ternak kediri secara langsung.umur aqu masih 18 th tapi aku penggen usaha sendiri

  197. mas saya di pekanbaru mau tanya nih, obat untuk pembasmi kuu pada kelinci apa ya?
    kirim ke emailku ya mas?

  198. mungkin bagi pembaca yang lain tau gak obat kutu kelinci soalnya kelinci aku banyak bgt kutunya. thank.

  199. mas tolong donk buat semacam buku tentang pedoman ternak kelinci di blog ini. kayaknya banyak yang membutuhkan.

  200. sayamau tanya bpk ada menjual angora lion tdk?klo ada kira2 harga brapa?

  201. salam kenal, saya tinggal di karanganyar solo. ikutan gabung nih. saya dah 4 tahunan pelihara kelinci. dulu sih lokal dan australi. klo dah beranak pinak banyak, biasanya aku sate untuk selingan menu. khan daging kelinci sehat, kolesterolnya juga rendah.
    belakangan mulai kenal sama flam, rex, anggora, loop. wah, jadi tambah semangat pelihara kelinci.tapi jadi agak sayang juga sih kalau mau di sate.ha3x. kalau ada yang mau main2 kerumah monggo, terutama untuk temen2 di sekitar Solo. Ntar kita bisa bertukar ilmu tentang kelinci. Nope saya 085229081347

    • mas irawan, perkenalkan namaku @hmad tinggal di dekat asrama haji donohudan. kalo boleh karanganyar daerah mana jenengan? q tertarik tapi pingin kenal yang udah duluan di dunia kelinci. biasa mas ngangsu kaweruh… suwun.

  202. Jangan lewatkan Berkunjung ke Blog Kami,
    trimakasih

  203. bagi teman-teman yang membutuhkan kelinci buat indukan maupun anakan,,, saya menjual kelinci jenis new zealand, flams, rex,holland loop,, silahkan hubungi saya di no 0817387654, wilayah kediri jatim,

    • Aswrwb., Salam kenal, Saya mahu beli bibit kelinci, tapi adanya agak jauh ya, antara lain Bandung atau di daerah Jatim.
      Apakah ada info yang jual kelinci di Jabotabek.

      Bgmn caranya mengirim kelinci spy tdk mati dlm perjalanan? Trims.
      Alamat saya: Di Rawa Mekar Jaya BSD Tangerang Selatan Tilp 021-53152716
      081280064850

  204. Saya ingin pulang kampung dan ternak kelinci. Tolong yang tau di mana saya harus memasarkan dan tempat yang menjual indukan jenis besar (sebagai kelinci pedaging) di sekitar Jawa Timur, khususnya yang dekat dengan Kertosono.

    • Aswrwb., Salam kenal, Saya mahu beli bibit kelinci, tapi adanya agak jauh ya, antara lain Bandung atau di daerah Jatim.
      Apakah ada info yang jual kelinci di Jabotabek.

      Bgmn caranya mengirim kelinci spy tdk mati dlm perjalanan? Trims.
      Alamat saya: Di Rawa Mekar Jaya BSD Tangerang Selatan Tilp 021-53152716
      081280064850

  205. omdien salam kenal, aku baru mo coba ternak kelinci, aku baru punya 3 ekor awalnya aku pelihara dari anakan nah sekarang usianya kira-kira dah 3 bln lebih. sekarang aku lagi diuji nih sama Gusti Allah,kelinciku tiga-tiganya punya masalah ada semacam koreng disekitar kaki dan telinganya. obatnya pake apa ya omdien ?

  206. hobis sekaligus peternak kelinci hias di surabaya,menyediakan berbagai masam jenis kelinci hias, hub. 0856 4949 0808, atau http://www.kelincihiasnyamemblesurabaya.blogspot.com

  207. mas mau tanya kenapa kelinci aku tiap hari mati satu persatu…aku punya 2 pasang kelinci yang baru aku pelihara 1 minggu…matinya kejang kejang gitu mas perlahan lahan..kesian aku melihatnya…apa ada yang salah dengan makannya..aku biasa kasi lobak beli dari kedai and wortel juga rumput2an tapi mereka suka makannya…apa keracunan ya mas dengan lobak karena mengandung pestisida…mohon penjelasannya mas…apa bisa kedinginan..padahal kandangnya aku buat besar mas..thanx

  208. aku mElihara KelInci dan cEkarang mEreka udah geDe-geDe tapi sayang sAlah satu kelinciQ da yang di gigit temennya ndiri mpek pAntatnya bOlong…………Obatnya apa ya?

  209. mas..mo tanya klo mo beli kelinci hias yg murah meriah di sekitar pekanbaru dimana ya?ada ga no tlpnya?trima kasih

  210. bagi rekan2, yang punya referensi peternak kelinci di sekitar salatiga, boyolali, magelang, sleman.
    Mohon informasi kontaknya.
    saya lagi membutuhkan indukan, terutama jenis pedaging.

    Terima kasih

    salam

    Hudi Susanto
    email : hudi.susanto@gmail.com

  211. mw tnya dunk..
    klo pup kelinci’y tu bulet item n agak lembek gmn?
    truz biasa c lincah gt.. tp akhir” ni jd ga terlalu lincah.. kdng diem gt.. kira” knp y?
    terima kasih..

  212. Saya sangat tertarik sama blog ini, semoga bermanfaat untuk semuanya, terutama peternak baru seperti saya. saya ternak kelinci baru 2 th, khusus Newzeland Red, tapi banyak orang bilang FLAM ( coklat ), saya tidak faham. sekarang saya punya sekitar 100 ekor. C0nt: 081393055667

  213. petrnakan klinci dpurwokerto dmn ya??

  214. kenapa ya kelinci peliharaan saya gak seceria biasanya apa karna dia sakit terus bulunya rontok banget,kalu dia sakit penanganannya gmana,kalau bulunya rontok biasanya kenapa ya.

  215. mas saya org cwd mo mulai nyoba ternak klici khusus nya klinci hias,,,,kalow boleh saya mo minta almat mas yg lengap biar kita bisa ngobrol lebih jauh…makasih

  216. mas maaf saya tertarik nie kira2 modal wal pemula berapa

  217. saya bingung nie saya memelihara kelinci anggora, akhir2 nie lagi sakit kelinci saya lumpuh kaki yang belakangnya. kpn ya???

    facebook : KiVishia vAn Aii

  218. salam kenal semuanya,mohon ijin nimbrung om…saya peternak kelinci pedaging di Klinter – kertosono -Nganjuk – Jawa Timur,untuk temen2 yg pingin berurusan dg kelinci bisa sharing sms ke 0852 358 14411,atau kalau dekat bisa datang langsung ke lokasi.matur nuwun…

  219. dimana sy bisa mendapatkan kelinci di semarang? berapa harga per ekornya (kisaran brp kg/ekor)

  220. permisi admin ane numpang nitip lapak ya:p
    saya ternak kelinci di daerah sokaraja,banyumas
    ada jenis flam,anggora,rex,dutch,nd,hotot dll
    yang berminat silahkan hub : 085868001111
    terima kasih

  221. saya peternak kelinci hias di medan..ada rex anggora inggris..lionhead..alamat fb Ari Medan Bunnies…cm skrng saya lgi mencari bibit utk jenis fuzyloop … klu ada tmn2 yg punya info di pekanbaru ataupun di medan tolong info ke saya…trims…

  222. Reza Kurnia Putra

    saya Reza anak SMA.. saya tinggal di Salatiga dan pengen beli anak kelinci umur 1-2 bulanan..
    saya sukanya yang kupingnya pendek gendut dan bulunya pendek (gak kayak anggora).. netherland dwarf atau dwarf hotot contohnya.. di sekitar Salatiga kira-kira yang jual siapa ya..? tolong hubungi saya di reza.qur2@gmail.com..

  223. Saya mau tanya, Ada yang jual bibit kelinci daerah bogor…??
    Kalau ada tolong hub :
    Hp : 085885252763
    E-mail : dede_underground@yahoo.com.au

    Terima kasih

  224. saya sangat ingin beternak kelinci jawa seperti yang masih ada di hutan hutan jawa barat, terutama di daerah pegunungan yang berbatu, kelinci ini memiliki kaki dan telinga yang lebih panjang panjang, mungkin yang disebut “Hare” dan bukan “Rabbit”, apakah ada yang mempunyai/memelihara jenis tersebut ?,mohon info ke taufiek_jdr@yahoo.com

  225. slam kenal smua, ane jg pternk kelinci . oya bgi agan2 yg msh bngung dng pmsaran kelinci bs kok hubngi ane di 085259642074…. ane bs bntu memasrkannya . makasih…………

  226. mw tanya,,,kira2 bagaimana sech mw buka usaha kelinci,,qt mw buat warung kelinci + langsung ad peternakan nya,,, jd qt bs ternak sekalian daging ny untuk di pasarkan,,, itu ajha..trimaksih.

  227. SAYA TERNAK KELINCI AUSTRALIA DI BEKONANG, SUKOHARJO. BAGI YANG MEMBUTUHKAN BIBIT DAN INDUKAN KELINCI AUSTRALIA BISA MENGHUBUNGI MAS IPUT : 085647105195. MAKASIH.

    • assalaamu ‘alaikum alifa_kelinci…
      mau nanya hargane bibit n indukan kelinci berapa? terus bekonange daerah mana? kalo boleh kapan2 main kesitu insy… aku tinggal di boyolali

  228. Salam Kenal, Sya peternak kelinci pemula, Jumlah kelinci saya sudah mulai banyak,, tapi saya bingung untuk pemasarannya. tolong info pemasarannya. e-mail saya : inoeyasha4ever@gmail.com
    trimakasih banyak

  229. mas..ak mau tanya nih..
    ni ak kan punya kelinci, umurnya baru 3 bulan..
    awalnya dia aktiif banget..
    tp akhir2 ini nafsu makan dia agak berkurang..ditambah lagi telinganya jatuh sebelah..
    itu knp y..
    makasi sbelomnya..

    *arinta. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s